ON LINE

Followers

GEMPA BUMI JAUH PICU KERETAKAN ES ANTARTIKA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 15 November 2014

Gempa bumi berkekuatan 8,8 skala Richter pada 27 Februari 2010 di Maule, Cile, yang berjarak 4,700 kilometer di utara Antartika, mampu menyentak lapisan es di Antartika hingga menimbulkan gempa es. Gempa es dipicu oleh getaran akibat gerakan tiba-tiba gletser atau lapisan es. Ini adalah bukti pertama bahwa gempa di belahan Bumi yang jauh bisa memicu gempa es di Antartika.


Sebelumnya, gempa dan tsunami di Tohoku, Jepang, 11 Maret 2011, yang berjarak 13.000 kilometer dari Antartika, berhasil merobek gunung es di daerah Sulzberger, Antartika. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Geoscience, Minggu ( 10/8 ), menunjukkan gempa Cile meniumbulkan gempa es selama 1 - 10 detik. " Gempa es reguler terjadi sepanjang waktu di Antartika, " kata peneliti utama Zhigang Peng, seismolog dari Institut Teknologi Georgia, Atlanta, Amerika Serikat, kepada Livescience.

Gumpalan raksasa es Antartika merekah setelah terjadi gempa bumi Chili.
Gumpalan  es raksasa di Antartika merekah setelah terjadi gempa bumi Chili.
Gelombang seismik akibat gempa bumi di tempat lain juga bisa memicu gempa es, masih kata Zhigang Peng. Dikatakannya, berbagai jenis gempa es juga terjadi di Antartika dan Greenland, Amerika Utara. Pemicu utamanya, antara lain, pembukaan atau penutupan ceruk dan mencairnya gletser dari batuan dasar.

Peneliti lainnya, Jacob Walter dari Institut Geofisika, Universitas Texas, Austin, AS, menyebut pembukaan atau penutupan ceruk lapisan es-lah yang memicu gempa es di Antartika akibat gempa Cile.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.