ON LINE

Followers

GANGGUAN JANTUNG PADA KAUM MUDA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 19 November 2014

WASPADA PADA USIA PRODUKTIF.

Serangan penyakit jantung kian mengarah ke kalangan muda usia. Hampir 50 persen orang dengan gangguan jantung berusia 30-50 tahun. Konsumsi makanan yang tidak sehat, jarang berolahraga, dan kebiasaan merokok menjadi faktor risiko utama. " Angka kematian akibat penyakit jantung pada usia di bawah 60 tahun lebih dari tiga juta, " kata Pelaksana Tugas Dirjen Pengendalian Penyakit ( PP & PL ), kementerian Kesehatan Agus Purwadianto, saat membuka seminar Hari Jantung Sedunia 2014 di Jakarta, Selasa ( 7/10 ).
Hal ini diprediksi makin meningkat pada 2030. Jika tidak diatasi, bisa memengaruhi bonus demografi. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, proporsi penduduk usia 15 - 40 tahun dengan kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman manis melebihi batas ideal mencapai 52,9 persen, makanan berlemak 40,7 persen, dan makanan asin 26,3 persen. Idealnya, konsumsi gula dalam sehari hanya 50 gram atau setara empat sendok makan, untuk natrium atau garam 2.000 miligram atau satu sendok teh, dan lemak tak boleh lebih dari 67 gram atau setara empat sendok makan.
Dulu, penyakit-penyakit tertentu dicap sebagai penyakit orangtua. Mirisnya, penyakit-penyakit ini kini malah mengincar masyarakat dari negara berpendapatan rendah dan anak muda. Tapi, siapapun bisa mencegahnya jika tahu apa penyebabnya dan bagaimana melawannya.
Dulu, penyakit-penyakit tertentu seperti jantung, gula, darah tinggi dicap sebagai penyakit orangtua. Namun kini penyakit-penyakit itu  malah mengincar masyarakat dari negara dimana anak muda masih produktif dalam kerja. Tapi, siapapun bisa mencegahnya jika tahu apa penyebabnya dan bagaimana melawannya.
CANTUMKAN INFORMASI.
Direktur Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal PP&PL Kementerian Kesehatan Ekowati Rahajeng mengatakan, masyarakat terutama anak muda, hendaknya cermat memilih makanan. Untuk itu, ketersediaan makanan sehat dengan kandungan rendah gula, garam, dan lemak serta informasi harus terjamin. Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak, serta Pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji, industri dan gerai pangan siap saji diwajibkan mencantumkan informasi tersebut. Aturan itu efektif berlaku pada tahun 2016.

" Tidak hanya pada bungkus makanan. Pada menu yang ada di resto siap saji juga akan kami minta ditampilkan informasi kandungan gula, garam, dan lemak. Kami juga akan melakukan pemetaan makanan yang beresiko mengakibatkan penyakit jantung, " ujar Ekowati. Tidak hanya makanan, aktivitas fisik seperti berolahraga dengan durasi dan waktu yang tepat sangat dianjurkan, terutama bagi masyarakat usia produktif.
Manfaat Olahraga dengan Rajin berolahraga ketika masih muda tak hanya bisa memberikan manfaat saat itu juga, melainkan juga hingga orang tersebut dewasa dan tua. Penelitian terbaru mengungkap bahwa berolahraga teratur di usia muda akan meningkatkan kesehatan tulang dan menguatkannya hingga usia tua.
Dengan rajin berolahraga ketika masih muda tak hanya bisa memberikan manfaat kesehatan tubuh saat itu juga, melainkan juga hingga orang tersebut dewasa dan tua. Penelitian terbaru mengungkap bahwa berolahraga teratur di usia muda akan meningkatkan kesehatan tulang dan menguatkannya hingga usia tua.
" Olahraga harus dibiasakan dan menjadi gaya hidup agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit jantung. Tetapi, durasi dan waktu harus diperhatikan, " kata Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Idrus Alwi. Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Anwar Santoso, menambahkan, kebiasaan merokok juga berdampak pada munculnya penyakit jantung.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi perokok usia 15 tahun ke atas naik menjadi 36,3 persen dari 34,7 persen pada 2010. Perokok juga masih didominasi pria yang mencapai 68,8 persen. Hal itu kian mengkhawatirkan, apalagi risiko penyakit jantung besar menyerang pria. Pria juga masih menjadi tulang punggung keluarga.

Sumber : Iptek / Kesehatan Kompas / A04

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.