ON LINE

Followers

SENAM MEDITASI FALUN GONG ( 2 ).

Diposkan oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 17 Mei 2011

Tahun 1992 sebagai tahun diperkenalkannya Falun Gong oleh Master LI Hongzhi ternyata telah banyak yang merasakan manfaat senam meditasi ini. Terutama pada effek peningkatan kesehatan jiwa dan raga, yang membuat Falun Gong akhirnya mendapatkan sambutan dari berbagai bangsa di dunia. Diperkirakan sampai tahun 2007 lebih dari 50 negara sudah mempraktekkan senam meditasi ini dengan jutaan orang pengikut.



Buku Zhuan Falun karangan Li Hongzi yang menjadi rujukan utama aktivitas serta buku pelengkap lainnya, sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Manfaat Falun Gong sudah diteliti secara medis dengan hasil baik bagi kesehatan tubuh praktisinya. Pada awalnya seni meditasi ini diperkenalkan sebagai qi gong ( baca chikung ) atau secara umum sering dipahami sebagai senam pernapasan dan meditasi, mengingat Falun Gong tidak bisa dilepaskan dari tradisi masa lalu China.



Seni pernapasan dan meditasi menjadi sistem perawatan kesehatan yang memadukan tubuh dan pikiran. Selain itu juga kemampuannya mengobati penyakit dan menunjukkan diri sebagai kemampuan supernormal, membuat qi gong kembali populer di China pada tahun 1980 -an. Qi Gong sendiri adalah warisan Tiongkok kuno menjadi bagian penting yang menitikberatkan pada ilmu pengobatan China selama berabad-abad.



Dr. Jingduan psikiater dari RS Universitas Thomas Jefferson AS, mengakui pengobatan Tiongkok dapat memberikan diagnosis dan penyembuhan yang lebih baik terhadap penyakit jika dilakukan pada tahap dini. " Pengobatan ini didasarkan pada suatu sistem yang tidak dapat dilihat, jaringan energi yang menghubungkan semua bagian tubuh yang disebut meridian, " ujarnya. Berdasar pengetahuan tentang sistem energi, setiap penyakit menampakkan gejala dan tanda-tandanya sendiri dan dirawat lewat titik-titik di permukaan tubuh.



Sebagaimana ditulis oleh Fajar Pratikto di Mind, Body and Soul Intisari edisi 2007 menyebutkan, ilmu kedokteran barat juga menaruh minat besar terhadap tradisi pengobatan Tiongkok ini, khususnya Qi Gong yang dianggap mewakili sistem kesehatan jasmani - rohani. Ilmuwan barat ingin melihat efektivitas terapi ini terutama dalam memelihara kesehatan secara massal serta efeknya bagi kesehatan individual. Penelitian di Amerika Utara pada tahun 1999 mendapati peserta yang telah berlatih Falun Gong, banyak penyakit serius seperti kanker, sakit jantung, diabetes, hati dan semacam penyakit alergi bisa disembuhkan secara signifikan.


Praktisi Falun Gong di Amerika Serikat sedang mempelajari latihan Falun Gong di sebuah taman. Foto dokumen www.kebijakanjernih.net


Sebuah konferensi tahunan tentang psikologi di San Diego Agustus 2007, Dr. Jason Liu dan Dr. Gwendalle Cooper mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai Falun Gong, yang membantu praktisinya tetap sehat di tingkat sel, kejiwaan dan energi. Dengan berlatih senam ini secara terus menerus akan mengurangi ketegangan mental, meningkatkan kesehatan fisik, menyembuhkan penyakit dan meningkatkan moral dan spiritual.



Studi baru menunjukkan adanya dampak positif meditasi terhadap otak dan kekebalan tubuh. Tim riset dari Madison sebuah universitas di Wisconsin, Amerika Serikat, telah menemukan bahwa sebuah program pendek dalam meditasi sadar, menghasilkan perubahan positif jangka panjang pada otak maupun fungsi sistem kekebalan tubuh. Meditasi yang telah lama dipromosikan sebagai teknik mengurangi kelelahan dan stress, juga menghasilkan efek biologis penting yang dapat meningkatkan kegembiraan seseorang.



Tim riset ini akhirnya merekomendasikan bahwa meditasi sadar sebagai sebuah penangkal stress dan rasa sakit terhadap berbagai penyakit kronis. Melihat besar manfaat dari meditasi apakah lewat senam meditasi ala Falun Gong atau seni pernapasan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dari serangan penyakit, tidak ada salahnya kita ikut mencoba berlatih.



Sumber : Mind, Body and Soul Intisari 2007 ditulis oleh Fajar Pratikto.

0 komentar

Poskan Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto Saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.