ON LINE

Followers

MAKANAN SEHAT MENGIKUTI ALIRAN CHI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 18 Mei 2011

Menurut William makan berat di siang hari saat jam istirahat kerja menjadikan pelakunya bukannya segar malah ngantuk berat seperti pada kasus Rina di postingan kemaren. Hal itu disebabkan karena kerja berat organ jantung di saat makan siang. Akibatnya energi alamiah yang dibutuhkan jantung untuk bekerja berkurang karena dioper ke lambung untuk memback up proses pencernaan. Akibatnya di saat melanjutkan pekerjaan mata akan merasa mengantuk karena energi chi terpaksa diambil lagi ke jantung. Singkat kata organ jantung energinya berkurang.



Lalu makan mengikuti perjalanan chi apa maksudnya. Menurut William, pola meridian pada tubuh manusia ( zi wu liu zhu ) sejak dulu digunakan oleh para ahli pengobatan China sebagai titik-titik akupuntur. Dengan mengikuti pola titik meridian pada tubuh ini, gejala sakit pada organ tertentu di tubuh kita dapat lekas diketahui.



Pada titik meridian sebaenarnya terdapat berbagai aliran chi. Ada chi yang berputar, chi yang berjalan di dalam pembuluh darah ( nutri chi ) dan ada yang diluar pembuluh darah ( pelindung chi ). Fungsi tiga chi ini sama, yaitu sebagai daya tahan tubuh dari serangan kuman. Perjalanan chi di dalam pembuluh darah dan pelindung chi yang berada di luar pembuluh darah arahnya saling berlawanan.



Berdasarkan perjalanan chi pada titik meridian ini, ilmu kedokteran China membagi organ tubuh manusia menjadi 12 bagian. Keduabelas organ ini dibagi lagi dalam dua kelompok besar yaitu organ chang yang berfungsi menyimpan dan organ fu yang fungsinya mengolah dan membuang. Organ chang terdiri atas limpa, ginjal, paru-paru, jantung, hati dan pericardium ( selaput atau pelindung jantung ).



Untuk organ fu terdiri dari lambung, kandung kemih, usus besar, usus kecil, kandung empedu, tiga pemanas ( san ciau ) atau diafragma. Perjalanan chi mengalir menuju keduabelas organ ini melalui pembuluh darah. Setelah diketahui pola perjalanan chi ini, William menawarkan pola hidup sehat yang selaras dan seimbang. Misalnya sesibuk apapun sebaiknya sebelum jam 23.00 malam sudah pergi tidur. Jika dipaksakan masih bekerja akan merusak fungsi hati.



Pagi harinya, pukul 09.00 - 11.00 adalah saat sedang giat bekerja, karena nutrisi sedang disebarkan oleh limpa ke seluruh tubuh. Manfaatkan waktu ini untuk bekerja maksimal. Setelah bekerja tentu perlu waktu istirahat. Pukul 11.00 - 13.00 adalah waktunya organ jantung bekerja giat, dimanfaatkan untuk tidur atau istirahat sejenak, minimal 20 menit. Hasilnya setelah bangun tidur tubuh akan terasa segar kembali.


Batas maksimal konsumsi gula dalam sehari adalah 5% dari kecukupan energi atau setara 3-4 sendok makan. Kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat seperti beras, jagung, gandum dan umbi-umbian.


Energi dari makanan kita butuhkan untuk bekerja. Pada pagi hari porsi makannya berat karena dipakai untuk bekerja. Siang hari makan ringan saja tak terlalu kenyang, sedangkan malam hari boleh tidak makan kalau kuat. Tentu Anda memandang aneh pola makan versi William ini bukan? Sekali lagi William memberikan penjelasan, sarapan pagi sangat penting untuk bekal energi sepanjang hari.



Saat yang tepat untuk sarapan adalah pukul 07.00 - 09.00 ketika lambung sedang bekerja optimal. Lalu waktu makan siang sebaiknya pukul 13.00 - 15.oo karena waktu ini chi sedang ada di usus kecil. Sedangkan makan malam sebaiknya pukul 19.00 - 21.00 karena di luar waktu tersebut, lambung sedang tidak bekerja optimal.



Singkat kata dalam ilmu pengobatan China juga dikenal makanan sehat dan selaras, yaitu jika lima rasa ( manis, asin, asam, pahit dan pedas ) telah seimbang takarannya. Idealnya makanan sehari-hari adalah tawar jika kelima rasa itu dicampur menjadi satu. Saat makan otak butuh waktu 20 menit untuk tahu bahwa perut kita sudah kenyang atau belum. Karena itu kita disarankan untuk makan perlahan dan penuh kesadaran. Jangan terlampau cepat karena cara ini membuat perut sudah merasa penuh, tapi otak baru memberi tahu belakangan.



Sumber : Mind, Body and Soul Intisari Volume 3 Tahun 2007 oleh Bimo Wijoseno ( diedit ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.