ON LINE

Followers

SEBERAPA LANGKA UNSUR TANAH INI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 09 Mei 2011

Terlepas dari namanya, unsur tanah yang langka ( rare earth elements ) - 16 unsur metalik yang memiliki struktur dan proses kimiawi serupa, berjumlah melimpah. Kesulitannya unsur-unsur ini tidak mudah ditemukan dalam endapan pekat tempat unsur-unsur tersebut biasanya mudah ditambang.



Unsur-unsur tanah yang langka itu penting dalam industri manufaktur berbagai peralatan militer atau peralatan berteknologi tinggi, seperti magnet khusus dan logam campuran yang digunakan untuk pembuatan wahana listrik dan produk-produk berenergi alternatif. Kini pertambangan unsur-unsur langka itu dikembangkan di Australia, Kanada dan Amerika Serikat untuk berkompetisi dengan China di pasar global. China saat ini memasok sekitar 96 % mineral tersebut di pasar global.



Alhasil mencari wilayah yang kaya dengan endapan mineral langka saat ini menjadi prioritas penelitian US Geological Survey. Survey tersebut baru pertama kali dilakukan di AS, menemukan bahwa sekitar 13 juta metrik ton mineral langka diperkirakan berada di 14 negara bagian di AS. Endapan terbesar terdapat di Alaska, California dan Wyoming.



Sebagian besar unsur itu terendap dalam batu cadas. Namun sebagian lain berbentuk pasir, aluvial dan fosfotit yang juga mengandung mineral konsentrasi tinggi. AS saat ini mengonsumsi sekitar 10.ooo metrik ton mineral langka per tahun. Pengembangan pertambangan mineral langka dapat memenuhi kebutuhan manufaktur mereka sekaligus menjadi pemicu peningkatan ekonomi bagi wilayah yang memiliki kandungan sumber daya alam terkait.



Sumber : GeoWeek/Kompas.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.