ON LINE

Followers

PEDULI AKAN KESEHATAN WANITA SEJAK DINI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 14 Mei 2012

Di era modern jaman internet yang sudah mendunia cakupannya dan setiap orang bisa terhubung satu sama lain, membuat wanita memiliki rutinitas kegiatan yang sangat padat. Aktivitas kerja ini ada di dalam rumah atau pun luar rumah saat melaksanakan tugas sehari-hari. Karena begitu banyaknya aktivitas sambung menyambung tiada henti ini, sering kali faktor kesehatan diri sendiri terabaikan.

Apalagi kaum wanita memiliki perbedaan dengan kaum Adam dalam hal fase perubahan fisik yang memengaruhi psikologinya. Perubahan fisik dipengaruhi adanya menstruasi, mengandung, melahirkan, menyusui hingga akhirnya mengalamai monopause. Rangkaian perubahan ini tidak bisa dihindari dan cukup rentan menimbulkan gangguan kesehatan pada wanita.

Karena itu bagi wanita aktif sebaiknya mulai sekarang ini mengubah pola hidup menuju hidup sehat. Salah satunya memperhatikan bagian tubuh yang rentan dan mencegah penyakit yang siap menyerang. Pertama kita fokuskan pada pencernaan.

Para pakar kesehatan banyak yang mengatakan bahwa dari ususlah bersumber berbagai penyakit. Untuk mendapatkan nutrisi cukup, harus memperhatikan asupan makanan rendah lemak tinggi serat untuk menghidari obesitas. Caranya memastikan menu makanan harian mengandung cukup gizi dan seimbang. Selain gizi seimbang juga ada karbohidrat, protein, lemak,  vitamin dan mineral serta dilengkapi dengan serat dari sayuran hijau dan buah-buahan segar.

Kedua dengan memfokuskan organ mata sebagai jendela hati. Pasalnya sekitar 83 persen visual organ bersumber di mata dalam menyerap informasi dari luar. Namun sayangnya di balik fungsi mata, angka kebutaan di dunia masih memprihatinkan. Lebih-lebih hampir dua pertiga kasus kebutaan di dunia diderita kaum wanita remaja dan dewasa, sebagaimana dilansir dari situs World Sigh Day 2009.

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan mata, ada beberapa bahan makanan yang baik untuk mata. Selain vitamin A, kini lutein sebagai golongan karotenoid banyak terdapat pada sayuran hijau, sangat mendukung sehatnya mata. Situs Kompas.com memberikan tips menjaga mata sehat dengan cara, minum jus dari seledri, peppermint,  peterseli China yang dipercaya dapat membantu menjernihkan penglihatan.

Sebagai pelengkap makanan bisa mengonsumsi brokoli, labu, jagung dan alpukat yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi mata. Banyak minum air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk fungsi penglihatan yang baik.

Ketiga akibat proses menopause yang lazim dialami setiap wanita, membuat mereka lebih rentan terkena problem osteoporosis. Ada penelitian memaparkan bahwa rata-rata sebagian besar wanita Indonesia kekurangan 50 persen kebutuhan kalsium harian mereka. Berikut ini kiat preventif mencegah gangguan pada tulang yaitu :
( 1 ) Rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan tambahan kalsium dari bahan makanan food supplement atau susu.
( 2  ) Olahraga atau aktivitas fisik untuk meningkatkan kepadatan massa tulang rutin seminggu tiga kali dengan durasi 30 menit. Olahraga yang dianjurkan adalah jogging atau jalan cepat.
( 3  ) Terpapar sinar matahari yang rutin dan cukup untuk memperbaiki massa tulang, yaitu sekitar kurang dari jam 10 pagi. Cukup terpapar 15 - 30 menit dan tidak harus kena kulit.

Keempat menyangkut leher rahim dan payudara. Kedua organ khas wanita ini rentan akan serangan sel kanker. Hingga kini kanker leher rahim atau serviks menempati peringkat pertama kasus kanker terbanyak yang diidap wanita Indonesia, lalu dilanjutkan dengan kanker payudara.

Begitu pentingnya edukasi kesehatan kedua penyakit ini, maka pemeriksaan dini perlu dilakukan oleh setiap wanita. Untuk kanker serviks, mayoritas disebabkan oleh Human Pappiloma Virus. Deteksi dapat dilakukan dengan pemeriksaan di lab klinik, misalnya dengan papsmear dan sebagai langkah pencegahan bisa menjalani vaksinasi kanker serviks.

Untuk gejala awal kanker payudara berupa sebuah benjolan yang umumnya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya. Gejalanya tidak menimbulkan nyeri dan memiliki pinggiran yang tidak teratur. Untuk itu jika Anda merasakan hal itu sebagai keanehan pada payudara,  sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dini ke dokter Anda.

Sumber : Inspiratorial April 2010.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.