ON LINE

Followers

KIAT HADAPI CYBERBULLYING.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 19 Mei 2012

Kemajuan teknologi yang semakin pesat di bidang teknologi informasi, perlahan-lahan memengaruhi perkembangan pola komunikasi manusia. Munculnya berbagai situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter tak dapat dimungkiri telah mengubah pola pikir seseorang dalam berinteraksi sosial ke orang lain. Inilah yang disebut dengan era new wave media yang diibaratkan sebagai pisau bermata dua.

Di satu sisi membawa hal positif dan di sisi lainnya membawa hal negatif tergantung kepada si pengguna pisau tersebut. Demikian pula dengan pengguna Facebook dan Twitter melalui internet, sebagian orang cenderung lebih vokal saat menggunakan jejaring sosial. Sementara di dunia nyata, orang justru memilih diam tidak bereaksi.

Sayangnya kebiasaan berekspresi secara bebas di dunia maya kerap disalahgunakan para netizen. Karena itu tak jarang kasus cyberbullying akhir-akhir ini bermunculan di situs jejaring sosial. Lalu apa itu Cyberbullying di dunia maya?

Cyberbullying diartikan sebagai kondisi saat seseorang diintimidasi, dipermalukan, bahkan diancam  oleh  satu atau banyak pihak. Tindakan mengintimidasi dan sejenis tekanan kepada orang itu dilakukan melalui teknologi informasi, seperti media sosial, blog, chat room bahkan telepon genggam.  Karena itu korbannya biasanya mengalami tekanan psikis dan mental, karena sekali pelaku menyebarkan intimidasi, maka sesama pengguna internet yang tidak tahu masalahnya akan tahu berita intimidasi ini.

Penelitian tentang cyberbullying baru-baru ini dilakukan di Amerika Serikat oleh sebuah riset pasar global. Penelitian yang dilakukan pada pertengahan November 2011 memaparkan, 74 persen responden Indonesia memilih Facebook sebagai sumber kasus cyberbullying.  Tidak hanya Facebook saja yang rawan terhadap cyberbullying, pengguna Twitter pun sudah tidak asing lagi dengan sejumlah kasus yang pernah terjadi di linimasa.
Mental depresi karena intimidasi cyberbullying, membuat wanita karier ini serba salah saat bekerja. Bukan mouse komputer yang dia pegang akan tetapi seterika listrik. Salah tingkah tampaknya si Mbak ini?
Sejumlah akun milik publik figur sering kali diintimidasi massa karena sebuah tweet yang mengundang kontroversi. Fitur Klasika Internet dalam tulisannya menyatakan, beberapa di antaranya menanggapi dengan cara yang tenang, tetapi ada pula yang langsung menonaktifkan akun untuk beberapa hari.  Yanh perlu diwaspadai adalah hal ini dapat berkembang menjadi hal yang mengkhawatirkan.

Pihak yang diintimidasi bisa saja merasa tertekan dan berangsur menjadi depresi. Bahkan sejumlah kasus di luar negeri memaparkan, cyberbullying dapat memicu orang untuk bunuh diri karena mental yang lemah. Pribadi yang tidak tahan dengan cyberbullying bisa saja menutup akun pribadi untuk sementara.

Pilihan lain yang ada dengan berkonsiliasi dengan pihak yang mengintimidasi. Caranya mengeblok akun tersebut jika masih mengganggu. Dalam menyikapi pikiran harus jernih dan sikap yang dewasa agar dapat mengambil tindakan yang lebih bijak.

Sumber : Fitur Klasika/Internet.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.