ON LINE

Followers

PASTA RAKSASA TURKI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 25 Mei 2012

Anda tentu sudah pernah mendengar bahkan mencicipi pasta makanan khas Italia yang sampai saat ini banyak penggemarnya, bisa menceritakan bagaimana rasa pasta itu. Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia,  dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur dan garam yang membentuk adonan  yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus.

Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.  Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusiyang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan.

Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak. Bahkan saking terkenalnya,  pasta tidak saja dibuat di negeri asalnya, akan tetapi juga dibuat di Turki. Para penggemar pasti di negeri ini dapat membeli pasta dalam kemasan ukuran  setengah ton.

Reuters mewartakan pasta kemasan ekstrajumbo ini dijual di supermarket-supermarket Turki ( 11/5 ). Konsumen yang membeli pasta ekstrajumbo ini jika merasa repot membawa ke rumah, pasta itu akan diantar oleh pelayan supermarket hingga tiba di rumah. Pelayanan ekstra ini sudah termasuk dalam harga.
Guinness World Record telah menyatakan bahwa kotak pasta tersebut adalah yang terbesar di dunia. Kardus raksasa berisi pasta silindris ini dijual di supermarket Edirne  Istanbul dan Bodrum, Turki.
Pembuat pasta terbesar dari Italia, Barilla dan jaringan supermarket Turki, Migros Ticaret, bekerja sama memproduksi dan mendistribusikan kotak pasta superbesar itu. Kalau ukuran pasta saja superjombo tentu saja harganya juga supermahal untuk ukuran kantong cekak. Pasta ini dibandrol dengan harga sekitar 999 lira Turki atau sekitar Rp. 5 juta per kotak.

Karena ukurannya serba besar dan belum ada yang menandingi, maka Guinnes World Records telah mendeklarasikan kotak pasta ukuran tinggi 1,5 meter dan lebar satu meter itu, merupakan pasta tebesar yang pernah dibuat di dunia. Kotak pasta raksasa itu akan dijual di supermarket Edirne di Istanbul dan kota wisata Bodrum. Seluruh hasil penjualan pasata unik ini akan disumbangkan kepada badan PBB, Unicef yang mengurusi anak-anak.

Turki adalah produsen pasta terbesar kelima di dunia. Setiap tahun rakyatnya mengonsumsi 450.000 ton pasta. Jadi ukuran pasta superjumbo ini membutuhkan berapa orang Turki yang bersama-sama sanggup menghabiskannya sekali makan? ( Reuters ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.