ON LINE

Followers

KARYA SENI TERTUA AMERIKA DITEMUKAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 01 Mei 2012


Beberapa waktu lalu seorang pemburu fosil menemukan sepotong tulang di dekat Pantai Vero, Florida. Potongan tulang itu lalu dia simpan di bawah tempat cuci piring di dapur rumahnya. Selama beberapa tahun potongan tulang berbalut pasir dan debu itu tetap aman tersimpan tanpa ada satu pun anggota keluarganya yang berani mengusiknya kecuali sang pemburu fosil itu.

Sampai suatu hari pemburu fosil itu meneliti kembali tulang yang ditemukannya itu. Dalam pengamatannya, ia melihat ada tanda yang menarik di tulang itu, seperti gambar seekor gajah purba ( mammoth ) , hewan yang telah lama punah dari muka bumi. Karena tidak begitu faham arti guratan mirip mammoth pada tulang itu, pada tahun 2009 ia meminta para peneliti memeriksa tulang tersebut.


Bersama  para peneliti dari Smithsonian Institution dan University of Florida memastikan temuan tersebut setelah melalui proses panjang yang melibatkan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu. Setelah bertahun-tahun tulang itu diteliti, akhirnya para peneliti sepakat bahwa sekitar 13.000 tahun lalu seorang seniman sengaja menggambar di atas permukaan tulang tersebut dengan cara mengukir. Karya seni itu bukan  saja yang tertua yang ditemukan ada di Amerika Serikat, melainkan juga yang tertua di belahan Bumi bagian barat.
Ukiran bergambar mastodon ini memiliki panjang tiga inci dari ujung kepala hingga ujung ekor serta tinggi 1,75 inci dari ujung kepala hingga telapak kaki kanan depan.
Disimpulkan dalam penelitian, artefak yang panjangnya 38 cm itu adalah tulang dari salah satu binatang purba mamalia yaitu gajah purba,  mastodon atau kera raksasa. Semua binatang purba itu sudah punah sejak 10.000 tahun lalu. Jika dibandingkan dengan karya seni goa yang ada di Eropa, seni lukis purba Amerika berbeda dalam bentuk dan cara.

Saat ini fosil tulang tersebut tidak lagi diletakkan di bawah tempat cuci piring dapur. Karya seni itu naik pamor statusnya ditempatkan di sebuah kotak yang keamanannya terjaga. Sang penemu masih berpikir agar suatu saat nanti karya seni itu mendapatkan tempat yang pas sebagai  wadah  untuk menyimpannya.
Sumber : GeoWeek.

Jangan lupa setelah baca artikel ini kunjungi yang satu ini ya ? Terima kasih sebelumnya jika mau bergabung. Salam......

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.