ON LINE

Followers

KANKER PAYUDARA DAN PARU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 13 Mei 2012

Tes genetik dapat memprediksi kanker payudara bertahun-tahun sebelum didiagnosis. Penemuan yang ditulis di jurnal Cancer Research ini, seperti dikutip BBC, Selasa ( 1/5 ), bisa mengarahkan dilakukannya tes darah sederhana untuk memeriksa perempuan.

Tes untuk melihat bagaimana gen diubah faktor lingkungan , seperti alkohol dan hormon, sebuah proses  yang dikenal epigenetik. Satu dari lima perempuan diperkirakan punya genetik seperti ini yang mengandalkan risiko kanker payudara.

Dr. James Flanagon dari Imperial College London mengatakan, penelitian ini baru permulaan untuk memahami komponen epigenetik dari risiko kanker payudara dan ke depan bisa menemukan lebih banyak contoh gen yang berkontribusi pada risiko seseorang.

Lalu ke dalam lagi dari organ payudara ada paru-paru yang bisa juga terkena kanker. Penyebab kanker paru dapat timbul di bagian mana pun dari paru. Namun, 90 - 95 persen bermula dari sel epitel, yakni sel yang melapisi bronkus dan bronkioli. Menurut Menaldi, Guru Besar Departemen Pulmologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI - RS Persahabatan, penderita kanker paru memiliki gen yang cenderung bermutasi jika berinteraksi dengan zat karsinogenik ( penyebab kanker).
Perbandingan antara paru2 perokok dan bukan perokok. Semakin banyak pasien penyakit jantung yang disebabkan karena kebiasaan merokok dan perokok pasif.
Apakah anda tidak merasa bersalah saat menghembuskan asap rokok di tempat umum? Pasalnya asap rokok yang anda hembuskan untuk menyenangkan diri sendiri itu beresiko membuat orang lain terkena penyakit jantung koroner, yaitu perokok pasif karena paparan asap rokok.
Keyakinan ini diperkuat dengan hasil pemetaan genetik manusia ( human genom project ) tahun 2005. Dari hasil pemetaan itu dibuktikan gahwa gen tertentu berasosiasi dengan penyakit tertentu di kemudian hari. Pemicu kanker paru adalah asap rokok.

Hampir 90 persen kanker paru, baik pada perokok pasif maupun perokok aktif, disebabkan oleh rokok. Asap rokok mengandung 4.000 senyawa kimia, banyak di antaranya terbukti menyebabkan kanker. Senyawa utama yang bersifat karsinogeni adalah nitrosamin dan hidrokarbon aromatik polisiklik.

Pemicu lain adalah asbes, gas radon, polusi udara dari asap kendaraan dan industri. Menurut situs Medicine-net.com, kanker paru sangat jarang sebelum tahun 1930  - an. Peningkatan dramatis kanker paru terkait peningkatan jumlah perokok. Saat ini sekitar 3000 kematian akibat kanker paru setiap tahun di Amerika Serikat dialami perokok pasif.

Sumber Kilas Iptek. ( BBC/ELN/AWM ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.