ON LINE

Followers

GUNUNG UTURUNCU BOLIVIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 08 Mei 2012

Gunung  Uturuncu sebuah gunung berapi di Bolivia telah menyita perhatian para ahli gunung berapi dalam beberapa tahun ini. Selama 20 tahun terakhir, lereng yang panjangnya sekitar 64 kilometer itu semakin melebar sekitar 5 cm per tahun. Peningkatan itu kemungkinan disebabkan kamar magma yang semakin membesar di bawah permukaan.

Dengan adanya peningkatan  lebar lereng gunung, bisa menjadi isyarat bahwa ancaman letusan gunung mungkin segera terjadi. Gunung Uturuncu meletus terakhir kali sekitar 300.000 tahun lalu. Berdasarkan skala waktu geologis, percepatan inflasi selama 20 tahun tidak menjadikan aktivitas gunung tersebut mencapai level kritis.


Hal ini tidak mengurangi kenyataan bahwa Gunung Uturuncu sedang berkembang menjadi supervolcano, yaitu gunung berapi dengan kekuatan masif. Satu dari tiga lusin supervolcano di dunia meletus setiap 100 tahun sekali seperti yang terjadi pada Gunung Api Toba di Sumatera yang meletus  pada 74.000 tahun lalu. Berita buruknya jika salah satu dari supervolcano itu meletus, dampaknya sangat menghancurkan.
Gunung Uturuncu yang berada di Bolivia meletus terakhir kalinya 300.000 tahun lalu, kini sedang berkembang menjadi supervolcano. Photos  by Panoramio.
Contoh letusan Gunung Api Toba menciptakan musim dingin vulcanik ( volcanic winter ) yang berlangsung selama bertahun-tahun dan menyebabkan korban jiwa di seluruh dunia. Para peneliti memperkirakan seandainya Uturuncu meletus, letusannya akan 1.000 kali lebih kuat dibandingkan  dengan letusan Gunung St. Heles di Negara Bagian Washington.

Saat ini hanya 10 supervolcano yang masih aktif dan kemungkinan terjadinya erupsi dalam waktu dekat relatif kecil. Jika Uturuncu mencapai status  rock star dan dianggap  sebagai supervolcano, Uturuncu berada di lingkungan yang tepat, berhubung enam supervolcano lain berada di Argentina, Bolivia, dan Cile. Bolivia memiliki 200 gunung berapi meskipun yang masih aktif kurang dari 20 gunung.

 Sumber : GeoWeek.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.