ON LINE

Followers

MENGISI WAKTU LUANG DI PENJARA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 30 Mei 2012

Ada sebuah lelucon antara kawan satu eks narapidana yang telah bebas dengan temannya pekerja kantoran yang belum pernah masuk penjara. Keduanya terlibat dalam pembicaraan seru dan lucu mengenai suka-duka seorang narapidana menghabiskan waktunya di balik terali besi penjara yang tidak ramah. Sahabat eks narapidana ini menceritakan bagaimana enaknya tinggal di penjara bila dikaitkan dengan urusan makan setiap harinya.

Ia berpendapat bahwa ia dapat 3 kali makan  gratis sekalipun lauk pauknya seadanya saja. Pekerja kantoran saat makan siang atau malam harus beli dengan uang pribadi yang artinya harus merogoh kocek sendiri. Sedangkan untuk urusan kebiasaan berbuat baik sesama napi, akan mendapatkan remisi sedangkan pekerja kantoran jika berkelakuan baik akan mendapatkan tugas tambahan yang terkadang melelahkan.

Jika sudah lelah narapidana bisa tidur setiap waktu sedangkan pekerja kantoran tidak bisa tidur sembarang waktu kecuali di saat jam istirahat kantor. Narapidana bebas melihat acara televisi sedangkan pekerja kantoran akan ditegor jika bekerja sambil menonton televisi. Sedangkan waktu luang bagi narapidana yang kreatif akan diberi kesempatan mengembangkan kemampuan, misalnya membuat anyaman, sulaman atau belajar menjadi  montir motor atau mobil.

Mengenai mengisi waktu luang di penjara, tampaknya ada saja narapidana yang kreatif memanfaatkan waktu luangnya untuk tujuan positif. Hal ini terjadi di Ohio USA saat 15 narapidana di dalam penjara berpenjagaan ketat, mengikuti perlombaan membuat rajutan seperti topi dan barang lain untuk amal. Jan Vurginac yang mengkoordinir kegiatan mengatakan kepada UPI di Ohio ( 15/5 ), kelompok narapidana ini sudah membuat barang kerajinan sejak tahun 2008.

" Dengan bekerja menganyam, merajut dan membuat topi waktu jadi berjalan cepat. Mereka  senang merajut untuk membuat berbagai barang untuk anak-anak. Merajut membuat mereka menjadi sibuk, " ujar Vurginac. Jadi waktu luang merupakan masalah besar jika tidak diisi dengan kegiatan positif selama hidup di penjara. Karena itu sangat menggembirakan barang-barang hasil rajutan tangan para pria ini disumbangkan ke sejumlah tempat seperti penampungan perempuan dan gelandangan. ( UPI/Reuters ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.