ON LINE

Followers

MISTERI IKAN PEMANAH TERKUAK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 02 Januari 2013

Peneliti Universitas Milan, Italia, memecahkan misteri kemampuan ikan pemanah ( Toxotes jaculatrix ) dalam menembak mangsanya. BBC melaporkan Kamis (  25/10 ), ikan pemanah mampu menyemprotkan air secepat jet secara akurat dari jarak 2 meter. Tembakan air ini mampu menjatuhkan serangga yang sedang bertengger di ranting untuk kemudian dimakan.

Penelitian dipublikasikan dalam jurnal PloS ONE. Dijabarkan, gerakan ikan itu di rekam menggunakan video berdefinisi tinggi. Prof. Alberto Vailati, anggota tim peneliti, menggambarkan, proses semburan air dari mulut ikan mirip dengan mekanisme pistol air. Semprotan air yang sangat kuat dihasilkan saat ikan  menekan lidah pada lekuk mulutnya.
Ikan pemanah (Toxotes jaculatrix) atau dikenal juga dengan istilah ikan sumpit adalah ikan yang hidup di air tawar yang memangsa berbagai serangga dan hewan kecil lainnya dengan cara menyemburkan air yang disebut juga sebagai teknik memanah.
Ikan pemanah (Toxotes jaculatrix) atau dikenal juga dengan istilah ikan sumpit adalah ikan yang hidup di air tawar yang memangsa berbagai serangga dan hewan kecil lainnya dengan cara menyemburkan air yang disebut juga sebagai teknik memanah.
Ciri Khusus ikan pemanah berdasarkan bentuk dan ukuran tubuhnya adalah memiliki sirip punggung yang ditetapkan jauh ke belakang, dan profil garis lurus dari sirip punggung ke mulut. Memiliki mulut dengan bentuk protractile, dengan rahang bawah menonjol keluar. Ukuran tubuhnya umumnya kecil, sekitar 5-10 cm.
Ciri Khusus ikan pemanah berdasarkan bentuk dan ukuran tubuhnya, adalah memiliki sirip punggung yang ditetapkan jauh ke belakang, dan profil garis lurus dari sirip punggung ke mulut. Memiliki mulut dengan bentuk protractile, dengan rahang bawah menonjol keluar. Ukuran tubuhnya umumnya kecil, sekitar 5-10 cm.
Lalu, ikan pemanah menutup insang untuk mendorong air melesat ke mangsa. Pancaran ini diklaim lebih kuat enam kali kekuatan ototnya. Energi yang sangat besar ini memaksimalkan dampak titik air saat menghantam mangsa.

Sumber : BBC/ICH

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.