ON LINE

Followers

BATAS AIR SUNGAI, DANAU DAN LAUT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 05 Januari 2013

Batas air ( watershed ) adalah batas yang membuat garis bentuk sebuah cekungan, anak sungai, atau sungai. Batas air meliputi drainase air permukaan ataupun air tanah. Demikian Geo Weeks mewartakan dimana batas air terdiri dari sejumlah sungai dan anak sungai yang mengalir menuju sungai yang lebih besar dan akhirnya membentuk sungai.

Setiap anak sungai tersebut memiliki batas-batas air sendiri, yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Cara mudah untuk memvisualkan batas air adalah dengan membayangkan sebagai selembar daun. Pinggiran  daun adalah batasnya dan urat-urat daun adalah anak-anak sungai.

Urat utama daun yang berada di tengah memiliki sendiri anak-anak sungai. Urat utama yang melebar ke arah batang daun adalah aliran utama, biasanya sungai, yang umumnya membawa air ke tempat terakhir, seperti danau, samudra atau bermuara di teluk. Demikian pula halnya pegunungan di dataran tinggi merupakan pembatas alami batas-batas air.
Urat utama pada selembar daun, ibarat sungai utama yang memiliki anak-anak sungai. Sementara pinggiran daun adalah batasnya.
Urat utama pada selembar daun yang mengarah ke tangkai, ibarat sungai utama yang memiliki anak-anak sungai yang bercabang. Sementara pinggiran daun adalah batasnya.
Air dari satu sisi mengalir menuju satu cekungan. Sementara aliran dari sisi berseberangan mengalir ke cekungan berbeda. Meskipun pegunungan membagi cekungan-cekungan itu, pada akhirnya air akan dialirkan ke sungai yang sama.

Pembagian alami yang lingkupnya setingkat benua adalah kontinental timur yang membagi Amerika Serikat. Air di sebelah sisi barat akhirnya mengalir ke Teluk Meksiko. Sementara air sungai di sisi timur berakhir di Samudra Atlantik. Dengan kata lain semua batas air saling terhubung.

Air yang terpolusi di sungai atau anak sungai dan mengalir dari satu cekungan ke cekungan lain, akan membahayakan komunitas dan ekosistem yang dilaluinya. Kualitas air dan isu-isu penggunaan air selalu menjadi topik hangat dalam diskusi-diskusi soal batas air. Isu pemanasan global terhadap bumi akan berdampak pada kondisi permukaan air laut di samudra, tempat muara beribu sungai yang ada di bumi.

Sumber : Geo Weeks.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.