ON LINE

Followers

KUCING HUTAN BUNTUTNYA PENDEK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 09 Januari 2013

Anda pasti sudah tahu dengan yang namanya kucing hitam. Kucing yang warna bulunya hitam legam dengan sorot mata tajam, senantiasa menjadi momok bagi tikus rumahan. Karena lengah sedikit saja, tikus akan jadi mangsa si kucing hitam. Tikus akan dicakar, dicabik-cabik dan akhirnya mati tidak berdaya di tangan si kucing hitam.

Kucing hitam yang dipelihara orang akan patuh kepada tuannya. Kemana pun tuannya pergi meninggalkan rumah, si kucing hitam akan setia berjaga di depan rumah. Terkadang dengan  penciumannya yang tajam, kucing hitam akan tahu bahwa ada bahaya mengancam di dekatnya. Kalau sudah begitu dia akan bersiap-siap jaga diri untuk menyongsong sang penyatron yang datang ke rumah majikannya.

Ternyata si kucing hitam mudah sekali dipahami kemauannya, asalkan sang majikan tahu apa yang menjadi kegemaran si kucing hitam. Biasanya dia diberi makan daging cincang yang ditaruh dalam wadah khusus. Namun tidak demikian dengan yang namanya kucing hutan yang sukar dipahami kemauannya.

Bobcat atau kucing hutan badannya besar buntutnya pendek merupakan salah satu hewan yang sukar dipahami gerak-geriknya. Di Amerika Serikat, kucing hitam ukurannya lebih kecil dari puma ( cougar ), tetapi lebih besar dari kucing rumah.  Berat kucing hutan sekitar 12 -13 kilogram dan panjangnya mencapai 0,9 meter.
Nama latinnya adalah Lynx Rufus, atau disebut juga Lynx. Kucing ini sendiri adalah kucing hutan asli gurun Amerika Utara yang sangat dilindungi keberadaannya. Karena itulah termasuk hewan yang dilarang untuk dipelihar
Nama latin Kucing Hutan adalah Lynx Rufus, atau disebut juga Lynx. Kucing  hutan berasal dari gurun Amerika Utara saat ini dilindungi keberadaannya. Kucing hutan dilarang diperlihara dan dibiarkan hidup di habitatnya.
Dengan warna bulu hitam gelap ditambah bulu-bulu yang tumbuh lebat di kedua pipinya, kucing hutan sukar ditemukan di permukiman rumah. Dia akan menghindari kawasan permukiman yang padat penghuninya.  Saat lapar di malam hari, kucing hutan akan berburu kelinci, tupai dan binatang mengerat lainnya.

Selain binatang mengerat, mangsa buruan kucing hutan adalah burung, reptilia mungil, amfibi dan serangga. Setelah mangsa buruan didapat, kucing hutan akan melewatkan pagi dan siang hari untuk beristirahat. Ia tidur di rongga pohon, gorong-gorong atau goa.

Terkadang orang bisa mendengar geramannya, tapi kehadiran kucing hitam hanya bisa dilacak lewat jejak tapak kaki. Dengan kakinya yang panjang ditambah bulu merah kecoklatan sampai abu-abu ditambah adanya totol-totol kehitaman mirip macan tutul, maka kucing hutan mendapat gelar baru sebagai bobcat. Gelar bobcat muncul dalam diri kucing hutan karena ekornya pendek ( bobbed ), sekitar 12 - 16 cm saja.
Saat berburu mangsa, kucing hutan sering menyendiri dan lebih suka menghindari kawasan permukiman.
Saat berburu mangsa, kucing hutan sering menyendiri dan lebih suka menghindari kawasan permukiman.
Setelah musim kawin tiba, kucing hutan betina mengandung lalu melahirkan anak-anaknya. Saat musim panas tiba, anak kucing hutan dipelihara induknya selama dua bulan. Sebaliknya saat musim dingin tiba, anak-anak kucing hutan itu sudah mandiri dan meninggalkan sarang selamanya.

Ia akan mengembara masuk keluar hutan mencari penghidupan baru.  Kucing hutan yang mempunyai musuh alami, rata-rata bisa bertahan hidup selama 14 tahun di alam liar. Jika ada musuh alami yang bisa mengalahkan si kucing hutan, maka tamat sudah riwayat si kucing hitam yang selanjutnya akan digantikan oleh generasi berikutnya.

( Geo Weeks ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.