ON LINE

Followers

CAPUNG MAMPU BERKONSENTRASI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 07 Januari 2013

Meski tidak berotak besar, capung mampu berkonsentrasi layaknya manusia. Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Current Biology, Kamis ( 20/12 ) disebutkan, capung mampu mengabaikan informasi visual tak berguna dan fokus pada target. Proses ini disebut perhatian selektif.

Penelitian ini menemukan sel-sel otak yang digunakan untuk perhatian selektif pada hewan tak bertulang belakang. Menurut Steven Wiederman dari Universitas Adelaide, Australia kepada Livescience, Kamis ( 27/12 ), perhatian selektif sangat penting untuk merespons stimulus di antara lusinan gangguan perhatian. Namun, belum banyak diketahui bagaimana otak berfokus pada target dan mengabaikan hal lain.
Se rangga kecil sedang asik bermain di dahan. Dia tidak sadar bahaya sedang mengintai di sekelilingnya.
Serangga kecil sedang asik bermain di dahan kayu. Dia tidak sadar bahaya sedang mengintai di sekelilingnya.
Ujug-ujug capung oranye datang menyergapnya dari arah belakang. Kaki capung yang kuat lantas mencengkeram
Ujug-ujug capung oranye datang menyergapnya dari arah belakang. Kaki capung yang kuat lantas mencengkeram tubuh ringkih serangga. Ia terkulai tidak berdaya di tangan capung oranye.
Melihat capung oranye menangkap mangsa, capung blirik lalu merebutnya. Tarikm menarik kedua capung memperebutkan serangga tak bisa dihindari lagi. Capung blirik merebut mangsa dari tangan capung orange dengan ketepatan 97 persen
Melihat capung oranye menangkap mangsa, capung blirik lalu merebutnya. Tarik menarik kedua capung memperebutkan serangga tak bisa dihindari lagi. Capung blirik merebut mangsa dari tangan capung orange dengan ketepatan 97 persen. Capung oranye pun menyerah.
Kondisi inilah yang diteliti Wiederman bersama David O'Carroll yang bekerja di Pusat Riset Neurosains universitas itu. " Saat capung memburu serangga kecil dan bergerak, aktivitas sarafnya memfilter dan mengabaikan mangsa lain. Capung menyambar mangsa dengan ketepatan 97 persen, " kata Wiederman.

Selanjutnya peneliti mengukur aktivitas saraf capung saat memburu mangsa di udara. Hal itu diharapkan bisa digunakan sebagai model sistem penglihatan robotik.

( Livescience.com/ATK ). Photo by : graham owen gallery.com

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.