ON LINE

Followers

SERANGGA KAYA PROTEIN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 28 Mei 2014

Serangga bisa menjadi sumber pangan alternatif di Indonesia. Kelompok hewan ini memiliki kandungan protein tinggi serta mudah ditemukan di berbagai wilayah Tanah Air.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor Ahmad Sulaeman mengatakan, berbagai jenis serangga merupakan sumber protein hewani yang tinggi. Ia mencontohkan, 100 gram belalang goreng mampu memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan protein pria dan 30 persen kebutuhan protein perempuan.

Setiap 100 gram belalang kering mengandung sekitar 40 persen protein, rayap 30 persen, dan jangkrik 13 persen. Sebagai perbandingan, kandungan protein sapi dan ayam berkisar 18 persen per 100 gram. " Selain itu, ada kandungan mineral, seperti zat besi dan kalium.Beberapa serangga, misalnya belalang dan laron, memiliki kadar vitamin A dan vitamin E tinggi, " ujar Ahmad, yang dihubungi dari Jakarta, Rabu ( 9/4 ).
Makanan khas dari Gunungkidul misalnya, walang goreng, gatot, sego tiwul, sayur lombok, dan masih banyak lagi.
Makanan khas dari Gunungkidul selain gatot, sego tiwul, sayur lombok, juga belalang goreng. Silahkan coba mengonsumsi si kriuk belalang goreng ini. Foto by : Indah Saroong.
Konsumsi serangga, terutama belalang  dan ulat telah menjadi kebiasaan di beberapa wilayah di Indonesia. Sebagai contoh, belalang dikonsumsi di Gunung Kidul, DI Yogyakarta, sedangkan masyarakat Papua mengonsumsi ulat sagu. " Kurangnya informasi tentang kandungan gizi serangga menjadikan masyarakat tidak paham manfaatnya. Seharusnya, pemerintah memberi pengetahuan sehingga masyarakat tidak bergantung pada konsumsi daging sapi dan ayam sebagai sumber protein hewani, " ujarnya.

Dokter ahli gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Samuel Oetoro, menyatakan, dalam mengonsumsi serangga, harus diperhatikan kebersihan dan tingkat kematangan olahan. Hal ini untuk menghilangkan efek pestisida yang mencemari lingkungan serangga. Tahun 2013, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB ( FAO ) mengeluarkan laporan bahwa konsumsi serangga bisa atasi kelaparan, mengurangi pemanasan global, dan meningkatkan ketahanan pangan.

Sumber : Kompas 10 April 14 / Kesehatan / A07

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.