ON LINE

Followers

GAS METANA DI KANDANG SAPI MELEDAK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 17 Mei 2014

Menjaga kebersihan sapi dan kandangnya perlu dilakukan peternak dengan membuang kotoran sapi pada tempatnya. Selain sapi diguyang dengan air bersih, pakan pun perlu diberikan dengan rumput segar agar sapi tumbuh sehat. Kandang sapi perlu dirawat dengan benar agar bau tidak sedap bersumber dari kotoran sapi tidak menyebar kemana-mana, mengganggu lingkungan.

Saat ini kotoran sapi  dimanfaatkan peternak untuk bahan bakar gas yang bisa dimanfaatkan untuk memasak makanan. Karena kotoran sapi mengandung gas metana, maka disarankan membuat bak penampung kotoran sapi agar tidak berserakan di mana-mana. Serapi-rapinya membersihkan kandang sapi, toh gas metana yang ada di kandang sapi bisa menumpuk dan membahayakan sapi dan peternaknya.


Sebuah ledakan terjadi di sebuah kandang sapi di pusat kota Jerman. Seperti dilansir huffingtonpost.com, Rabu (29/1/2014), ledakan tersebut disebabkan banyaknya sapi yang mengeluarkan gas. Tak pelak, gas methan yang terkadung dalam kentut sapi picu ledakan.
Banyaknya sapi dalam kandang sering mengeluarkan gas metana dalam jumlah besar. Tak pelak gas methan yang terkandung dalam kentut sapi picu ledakan jika terhubung listrik statis yang ada di kandang.
Seperti dilansir huffingtonpost.com, Rabu (29/1/2014), peristiwa mengejutkan terjadi di peternakan sapi perah di Rasdorf, Negara Bagian Hesse Jerman. Sebuah ledakan keras mengejutkan peternak sapi berikut ternak sapinya. Ledakan itu merusak atap kandang sekaligus menimbulkan kobaran api dan seekor sapi perah terluka.

Setelah diselidiki ledakan berasal dari sambaran listrik statis di kandang sapi yang langsung menyambar gas metana yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Perlu diketahui gas metana dihasilkan  dari sendawa atau gas buang dari perut alias kentut sapi dan konsentrasinya sangat tinggi. Di kandang itu ada 90 ekor sapi perah, di mana seekor sapi perah diyakini menghasilkan 500 liter gas metana setiap hari.

Untuk sahabat yang punya ternak sapi yang ingin memanfaatkan kotoran sapi sebagai bahan  bakar biogas berikut skema pembuatannya :
Biogas adalah gas-gas yang dihasilkan dari proses penguraian anaerob (tanpa udara) atau fermentasi dari material organik seperti kotoran hewan, lumpur kotoran, sampah padat, atau sampah terurasi secara bio. Gas utama dari proses biogas terdiri dari methane dan CO2.
Biogas adalah gas-gas yang dihasilkan dari proses penguraian anaerob (tanpa udara) atau fermentasi dari material organik seperti kotoran hewan, lumpur kotoran, sampah padat, atau sampah terurasi secara bio. Gas utama dari proses biogas terdiri dari methane dan CO2.
 UPI / Reuters / diazscript.wordpress.com.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.