ON LINE

Followers

NYAMUK TERTARIK KARBON DIOKSIDA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 20 November 2011

Anda tentu pernah dan sering digigit nyamuk nakal bukan? Tatkala senja tiba dan matahari mulai beranjak ke peraduan, nyamuk akan datang pada Anda lalu menggigit. Gigitan nyamuk nakal boleh jadi akan meninggalkan jejak berupa rasa gatal pada kulit. Kalau sudah begitu krem anti nyamuk dioleskan pada kulit. Terkadang cairan pembasmi nyamuk akan disemprotkan ke segala ruangan rumah. Tujuannya agar rumah tidak dimasuki nyamuk.



Nyamuk boleh nakal dan menggigit kulit manusia karena gas karbon dioksida ( CO 2 ) yang diembuskan napas dan bau badan merupakan petunjuk nyamuk betina untuk memburu manusia. Karena itu nyamuk betina sebagai inang penyebaran penyakit malaria, demam berdarah atau demam kuning sangat ditakuti manusia karena sudah banyak korban meninggal dunia karena gigitan nyamuk.



Peneliti pada Universitas California meneliti bagaimana Aedes Aegypti betina yang menyebarkan demam berdarah dan yellow fever, merespon CO2 dan bau tubuh manusia. Seperti diungkap di Science daily 5 Oktober 2011 menyebutkan, embusan CO2 adalah yang paling awal menarik bagi nyamuk untuk datang ke manusia.



Jumlahnya bisa satu yang datang menggigit. Akan tetapi temannya ribuan ekor jumlahnya. Jika satu nyamuk saja sudah sangat mematikan gigitannya, apalagi kalau ribuan nyamuk menggigit pada waktu bersamaan kepada orang lain.


Pencegahan penyakit DBD yang paling utama adalah memberantas vektor penyakit, yaitu membasmi nyamuk aedes.


Di Laboratoriom peneliti melepaskan nyamuk betina ke dalam saluran angin dan mengambil gambar bagian jalur penerbangan nyamuk. Hasil penelitian menyatakan, nyamuk melawan arah angin hanya saat mereka mendapati karbon dioksida.



Orientasi nyamuk pada aroma tubuh manusia bervariasi. Tergantung intensitas aromanya. " CO2 merangsang lebih cepat dan langsung, dibandingkan bau tubuh manusia, " ucap Ring Carde, profesor tamu pada bidang entomologi di Universitas California.



Sumber : Science Daily/ICH.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.