ON LINE

Followers

HIDUP SEHAT MILIK SEMUA ORANG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 12 November 2011

Kata bijak sebagaimana ditulis dalam prolog Kompas Ekstra edisi Mei - Juni 2011, menyatakan bahwa mereka yang hidupnya sehat memiliki harapan. Dan mereka yang memiliki harapan adalah mereka yang memiliki segalanya. Kata bijak ini menegaskan betapa sesuatu yang membuat sehat adalah awal dari segala langkah yang kita ambil dalam menempuh kehidupan. Mempertahankan untuk tetap sehat itu perlu jika kita tidak ingin jatuh sakit. Jika sakit sudah datang, apa pun yang kita miliki akan tidak berarti, karena perhatian akan tertuju kepada badan yang tidak berdaya melawan penyakit. Lalu orang pun akan berpikir bagaimana kembali menjadi sehat?



Menjadi sehat adalah idaman setiap orang apa pun status dia. Seiring perningkatan kesejahteraan, perbaikan dan pemerataan pembangunan kesehatan, umur harapan hidup penduduk Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2006 misalnya, umur harapan hidup manusia Indonesia 68,5 tahun lalu tahun 2007 meningkat menjadi 68,7 tahun dan tahun 2008 menjadi 69 tahun. Meningkatnya derajat kesehatan yang semakin baik dengan usia harapan hidup lebih panjang, tentu juga harus tetap waspada akan adanya penyakit yang terjadi di Indonesia seperti saat pergantian musim.



Saat ini musim kemarau sudah berlalu kini mulai masuk musim penghujan. Sejumlah penyakit menular tetap ada. Misalnya penyakit tuberkulosis paru, infeksi saluran pernapasan akut, pneumonia, malaria, demam berdarah dengue dan diare. Selain penyakit menular tadi ada pula penyakit tidak menular karena akibat perubahan gaya hidup manusia.



Perubahan gaya hidup manusia menyangkut pola makan yang cenderung rendah serat namun tinggi lemak, garam dan gula. Kurangnya aktifitas fisik, gemar merokok dan minum alkohol dan terus dilanda stres akibat tekanan hidup. Prevalensi penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker dan penyakit pernapasan akut makin besar ada di masyarakat.



Hasil riset kesehatan dasar 2007 menunjukkan, 72 per 1000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung dan 57 per 1000 penduduk perkotaan di Indonesia terkena diabetes. Lalu stroke juga menjadi penyebab penyakit kematian terbesar di Indonesia dalam tahun-tahun belakangan ini.



Kalau kita sudah tahu betapa banyaknya jenis penyakit menimpa manusia modern yang sangat beragam jenis penyakitnya, maka tindakan awal adalah tetap waspada untuk terus menjaga diri kita tetap sehat bugar dalam keseharian. Kita perlu berhati-hati menjaga kesehatan. Caranya lakukan managemen stres, mau olahraga secara teratur, hindari minum alkohol dan merokok dan perbanyak makan buah dan sayur.



Bicara olahraga, Hippocrates filsuf yang hidup 400 tahun sebelum kelahiran Isa, mempunyai ungkapan tentang olahraga. Dia mengatakan, " Kalau kita bisa memberi setiap individu makanan dan latihan dalam jumlah yang cukup, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, maka kita telah menemukan cara aman untuk sehat. Cara sehat itu adalah olahraga, " katanya. Orang pun kini semakin sadar bahwa olahraga sungguh menyehatkan.



Selain bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan tubuh, olahraga juga bisa menjaga berat badan agar seimbang. Latihan olahraga mampu menjaga massa otot agar tetap kencang seiring bertambahnya umur. Dengan bergerak maka lemak dalam darah ikut dibakar seiring dengan keluarnya keringat. Lebih dari itu dengan olahraga teratur akan memperbaiki mood khususnya untuk meningkatkan kehidupan seksual pasangan.



Jadi mulai sekarang mari kita menjaga tubuh agar tetap sehat dalam keseharian. Terserah caranya. Anda mau?

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.