ON LINE

Followers

BANJIR BANGKOK BELUM SURUT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 09 November 2011

Jambu atau durian Bangkok memang sudah menjadi nama paten bagi penggemar buah-buahan tropis beberapa dekade ini. Bagi penggemar buah segar tentu sudah bisa membayangkan bagaimana rasa legitnya buah durian Bangkok dan kenyalnya daging jambu Bangkok jika dikecap di lidah. Namun mari kita kesampingkan dulu rasa kedua varietas buah dengan embel-embel Bangkok tadi dan mengalihkan perhatian ke masalah banjir yang sedang melanda negeri Gajah Putih, sebutan sebuah negara Monarchi untuk kawasan Asia Tenggara yang lebih populer dengan sebutan Thailand dengan Bangkok sebagai ibukotanya.



Bangkok memang tidak sedang banjir buah-buahan segar tadi. Akan tetapi Bangkok sedang kebanjiran akibat meluapnya beberapa sungai di negara itu, salah satunya Sungai Chao Phrya yang mengalir di Bangkok. Selain sungai meluap yang dibarengi dengan badai yang lebih hebat dari biasanya, membuat sekitar 1,6 juta hektar wilayah Thailand tergenang air.



Badai yang terjadi di sekitar Teluk Thailand, sekitar 20 kilometer selatan ibu kota Bangkok, diperkirakan masih berlangsung minggu ini. Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra dalam pidato mingguannya, Sabtu kemaren di televisi mengatakan, " Jika segala sesuatu berlangsung seperti sekarang, diharapkan banjir di Bangkok akan menyurut dalam pekan pertama Nopember, " ujarnya.



Sekali pun pusat kota Bangkok kering di Sabtu siang pekan lalu yang disinari matahari cerah, China Town yang selalu ramai dikunjungi turis tergenang air. Daerah tempat turis asing berkumpul seperti di sekitar Grand Palace ( Istana Raja ) dan kuil tempat patung Buddha berbaring, air masih menggenang dan belum menampakkan kapan akan surut. Gedung-gedung perkantoran di Bangkok telah dipasangi karung-karung pasir dan banyak warga Bangkok meninggalkan mobil mereka di tempat yang tinggi, Sabtu ( 29/10 ).


Foto udara menunjukkan kuil di provinsi Pathum Thani, pinggiran kota Bangkok, Thailand, yang terendam banjir, Jumat (14/10).

Banjir sudah mencapai pinggiran Bangkok membuat sebagian warga kota mulai mengungsi. Perabotan rumah tangga dibawa mengungsi naik perahu.

Rendaman air mulai menggenangi Bangkok ( 24/10 ), membuat warga kota terpaksa mengungsi.


Selain merendam kota Bangkok, banjir terburuk Thailand selama 50 tahun terakhir ini telah menewaskan setidaknya 381 jiwa sejak Juli lalu membuat puso sekitar seperempat panenan padi. Selain tanaman padi menjadi puso, harga telur di toko melonjak empat kali lipat karena warga yang bertahan di rumah memborong bahan makanan dan air galon. Mereka bertahan tinggal di rumah membekali diri dengan perahu penyelamat, jika kondisi semakin memburuk. Toko-toko yang masih buka, seluruh raknya sudah kosong karena sebagian besar dagangannya sudah ludes diborong warga.



Selain bahan makanan, uang tunai menjadi kebutuhan sesaat warga Thailand yang mengalami kebanjiran. Bank of Thailand mengumumkan berulang kali bahwa sirkulasi uang dinilai cukup meskipun hampir sekitar 400 cabang bank khususnya di pinggiran kota, tutup sementara karena banjir sebagaimana pernah terjadi setahun lalu. Situasi lebih mencekam karena buaya-buaya yang ada di peternakan yang dilanda banjir terlepas dibawa air. Ular-ular juga berseliweran mencari tempat kering dan banyak yang masuk ke perumahan warga.



Sumber : Reuters/AFP/AP/Flood in Bangkok.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.