ON LINE

Followers

BELAJAR MENGATUR POLA HIDUP SEHAT.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 12 November 2011

Sudah beberapa bulan sehat dengan kundalini reiki tidak berjumpa dengan tetangga seorang bapak yang penuh homor dalam canda. Setiap bertemu beliau selalu tersenyum dan menanyakan kabar kesehatan saya dan keluarga. Karena kesibukan masing-masing dalam tugas, beliau dipindah tugaskan oleh instansinya ke Bali yang sudah dijalaninya selama setahun ini. Karena adanya pilkada Provinsi Banten, beliau pulang kampung ke Tangerang untuk nyoblos di TPS lingkungan 22 Oktober 2011.



Sehari setelah nyoblos beliau masih asyik bermain dengan anak perempuan semata wayangnya di lapangan badminton di areal komplek pemukiman. Baru hari Selasa karena merasa tidak enak badan, beliau kontrol dokter ke rumah sakit untuk cek up kesehatan. Dokter menyarankan agar dirawat saja untuk mengetahui perkembangan keluhan penyakitnya.



Sehari setelah dirawat, berita duka datang mengabarkan bahwa beliau sudah tiada. Lalu kami, para tetangganya datang bertakziah ke rumah duka. Khabar selentingan menyatakan beliau wafat karena penyempitan pembuluh darah di syaraf sumsum tulang belakang akibat cedera jatuh dari motor beberapa waktu lalu. Khabar lainnya memberitahukan beliau berpulang ke Rahmattulah karena serangan jantung.



Kalau memang beliau wafat karena serangan jantung, itulah yang menjadi topik bahasan para pelayat saat akan mengantar almarhum ke tempat peristirahatan akhir. " Serangan jantung mendadak sebagai penyebab kematian di Indonesia sudah sering diberitakan oleh media massa, " kata Ibu Nurul, tetangga yang aktif dalam kegiatan Posyandu kepada sehat dengan kundalini reiki. Korbannya mulai dari pejabat, artis, rakyat, pelawak, bahkan ustads yang sering berdakwah bicara soal kematian yang pasti akan menimpa siapa pun yang hidup di muka bumi.



Lalu apa sebenarnya hubungan antara serangan jantung dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler itu? Situs kesehatan melaporkan penyakit kardiovaskuler sebagai penyebab utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Penyakit ini menyebabkan kematian setiap dua detik. Penyebabnya karena serangan jantung. Di Indonesia penyakit ini menjadi pembunuh nomer satu dalam beberapa tahun terakhir.



Riset kesehatan dasar 2007 menunjukkan, penyakit kardiovaskuler bertanggungjawab sebagai penyebab 36,2 persen kematian, terdiri atas stroke ( 26,9 persen ) dan penyakit jantung koroner ( 9,3 persen ). Disebut penyakit kardiovaskuler karena mencakup gangguan pemicu penyakit jantung ( kardio ) dan pembuluh darah ( vaskuler ). Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) dan beberapa situs kesehatan dunia mengaitkan kardiovaskuler dengan penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskuler dan penyakit vaskuler perifer.



Dokter kesehatan yang sering bicara dalam forum seminar kesehatan jantung, menyarankan agar seseorang dapat waspada dari serangan mematikan ini adalah dengan mengatur pola hidup sehat. Di antaranya pandai mengelola stres apa pun bentuknya, mengurangi asupan alkohol dan rokok, mengonsumsi buah dan sayuran dan yang tidak boleh ditinggalkan adalah mau bergerak alias berolahraga secara teratur.


Belajar mengelola stres dengan cara rileksasi melalui praktek meditasi secara rutin.


Penyakit gangguan kardiovaskuler yang berhubungan dengan stress dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah dan kecenderungan darah membeku yang pada akhirnya meningkatkan resiko stroke iskemik. Untuk mengelola stress bisa dilakukan dengan hidup sederhana, olahraga teratur seminggu 3 -4 kali dengan waktu 30 menit hingga 1 jam. Dan yang tak kalah penting untuk menjauhkan stress adalah belajar relaksasi.



Anjuran lain yang sering disarankan dokter kesehatan adalah, menghindarkan diri dari makanan cepat saji yang berkadar lemak tinggi, sosis dan jenis kue manis basah. Akan lebih baik lagi jika makanan itu direbus saja, dikukus atau dipanggang. Yang perlu diperhatikan bahwa tubuh tetap membutuhkan kolesterol dalam jumlah wajar kadarnya.



Karena kolesterol membantu proses pencernaan, memperbarui membran sel tubuh, melapisi jaringan saraf dan berperan dalam produksi hormon. Sangat disarankan tetap mengonsumsi daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan ikan meskipun dalam jumlah terbatas. Yogurt rendah lemak, keju dan susu skim juga tidak dilarang.



Alangkah baiknya sedini mungkin selalu mencatat berapa tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan lingkar perut milik diri sendiri. Seseorang yang punya riwayat hipertensi, kencing manis, hiperkolesterol dan kegemukan beresiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Apalagi bila di dalam keluarga ada yang mempunyai riwayat penyakit itu.



Sangat penting memeriksakan kesehatan secara rutin apabila usia sudah masuk 40 tahun ke atas. Pemeriksaan tidak hanya darah saja yang diperiksa, tetapi juga jantung. Demi kesehatan jantung, maka tidak ada salahnya informasi kesehatan yang berguna untuk menambah pengetahuan akan kesehatan organ jantung, kita ketahui bersama. Mari sayangi jantung dengan merawatnya sebaik-baiknya sejak sekarang.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.