ON LINE

Followers

REKAYASA DNA UNTUK STERILISASI NYAMUK MALARIA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 12 Juni 2016

Metode baru rekayasa genetika yang dikenal sebagai gene drive, memberikan peluang baru mengatasi malaria. Metode gene drive pertama kali digagas ahli genetika Austin Burt dari Inperial College London pada 2003. Namun, lebih dari satu dekade gagasan itu berhenti ditahap teori. Hingga baru-baru ini ditemukan alat pemotong molekul disebut CRISP-Cas9.

Tim peneliti dari sejumlah universitas terkemuda di Eropa membelah dan menyusun ulang molekul DNA nyamuk betina Anopheles gambiae sehingga mandul. Sifat mandul bisa diwariskan. Anopheles gambiae jadi vektor utama pembawa parasit malaria di Afrika.

Anopheles Sp. Anopheles (nyamuk betina) merupakan salah satu anggota darifamily Culicidae. Terdapat 400 spesies nyamuk Anopheles. Namun,hanya 30-40 yang dapat menjadi vektor malaria. Secara alamiAnopheles gambiae paling terkenal akibat peranannya sebagaipenyebar parasit malaria (misalnya Plasmodium malariae).
Anopheles (nyamuk betina) merupakan salah satu anggota dari family Culicidae. Terdapat 400 spesies nyamuk Anopheles. Namun, hanya 30-40 yang dapat menjadi vektor malaria. Secara alami Anopheles gambiae paling terkenal akibat peranannya sebagai penyebar parasit malaria, Plasmodium malariae.
Dengan memodifikasi induk nyamuk Anopheles gambiae jadi mandul dan menyebarkannya, populasi nyamuk itu bisa turun drastis agar tak menularkan malaria. Hal itu dilaporkan di jurnal Nature Biotechnology edisi 7 Desember 2015.

Sumber Kilas Iptek : Nature / AIK.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.