ON LINE

Followers

KEBIASAAN BURUK TERTANAM DI OTAK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 12 Juni 2016

Kebiasaan buruk sulit diubah. Kebiasaan apa pun, seperti gemar mengonsumsi makanan manis, meninggalkan tanda abadi pada sirkuit tertentu di otak. Riset ahli adaptasi otak Nicole Calakos, ahli pemodelan kebiasaan pada hewan Henry Yin, dan mahasiswa neuorobiologi Justin O'Hare, semuanya dari Institut Ilmu Otak Duke, Universitas Duke, Amerika Serikat, menunjukkaan, kebiasaan buruk terkait bagian otak disebut ganglia basal, jaringan kompleks pengontrol tindakan motorik dan perilaku kompulsif, termasuk kecanduan obat.

Gambar perbesaran striatum otak tikus mengungkapkan neuron (sel saraf) yang terlibat dalam sirkuit otak yang mengatur kebiasaan. Bertentangan dengan lampu lalu lintas, neuron dalam jalur “terus” dari striatum berwarna merah, dan neuron “berhenti” tampak hijau.(Credit: Kristen Ade, Duke University)
Gambar perbesaran striatum otak tikus mengungkapkan neuron (sel saraf) yang terlibat dalam sirkuit otak yang mengatur kebiasaan. Bertentangan dengan lampu lalu lintas, neuron dalam jalur “terus” dari striatum berwarna merah, dan neuron “berhenti” tampak hijau. (Credit: Kristen Ade, Duke University)
Nicole Calakos, MD, PHD
Nicole Calakos, MD, PHD
Di ganglia basal, ada dua tipe pembawa pesan, yakni sinyal penerus dan penghenti pesan. Pada otak tikus dengan kebiasaan buruk, sinyal penerus pesan aktif lebih dulu.

Sebaliknya, pada otak tikus tanpa kebiasaan buruk, sinyal penghenti pesan aktif lebih dulu. " Sinyal penerus pesan di awal pengaruhi perilaku hewan, " ucap Calakos, pekan lalu.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.