ON LINE

Followers

SINGA AFRIKA BARAT TERANCAM PUNAH.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 24 Januari 2014

Penelitian terbaru di jurnal PLOS ONE, Rabu (8/1 ) dikutip Livescience, menyebutkan, tanpa upaya konservasi yang luar biasa, tiga dari empat jenis singa Afrika Barat akan punah dalam lima tahun mendatang. Saat ini kurang dari 250 ekor singa dewasa yang tersisa -1 persen dari jumlah terbanyak sepanjang sejarah. Salah satu peneliti, Philipp Henschel, menulis dalam surat elektronik, singa yang dulu ada di Senegal hingga Nigeria kini jarang ditemukan.

Penurunan jumlah terjadi akibat lahan-lahan kosong diubah menjadi permukiman. Selain itu mangsa singa banyak diburu manusia, dan terjadi koflik manusia dengan singa. Akhirnya banyak singa yang jadi korban mati mengenaskan.


A female lion with a roan antelope kill in Benin's Pendjari Natl Park during Panthera's survey of the W-Arly-Pendjari Complex in Benin, Burkina Faso, and Niger. Photo by: Philipp Henschel/Panthera.
Singa betina habis makan antelope yang terbunuh di Taman Nasional Pendjari, Benin. Penelitian harimau oleh Henschel dan kawan-kawan juga diadakan di Komplek W-Arly, Burkina Faso dan Nigeria. Photo oleh : Philipp Henschel.
Henschel (second from left) and a lion survey team in Nigeria's Gashaka-Gumti National Park. Photo by: Philipp Henschel/Panthera.
Henschel ( dua dari kiri ) dan tim peneliti singa di Taman Nasional Nigeria, Gashaka, Gumti. Photo oleh : Philipp Henschel .
Untuk mengatasi hal ini, pemerintah tidak memberikan dana cukup untuk konservasi. Sementara wisata taman nasional dan penelitian jarang ada di Afrika bagian barat, kalah jauh dengan Afrika bagian timur dan selatan.

Penelitian dilakukan dengan memasang kamera kendali jarak jauh, wawancara penduduk, dan menghitung jejak singa sepanjang Oktober 2006 - Mei 2012. Wilayah penelitian tersebar di Senegal, Nigeria, dan perbatasan antara Benin, Niger, dan Burkina Faso.

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / ISW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.