ON LINE

Followers

GAYA HIDUP SEHAT AWAL TAHUN 2014. ( 4 )

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 30 Januari 2014

RADIKAL BEBAS DAN ANTIOKSIDAN.

Makanan yang kita santap sehari-hari sebagai sumber antioksidan alami sejatinya sudah disediakan oleh alam. Kemurahan alam yang memberikan berkatnya berupa bahan makanan kepada manusia, agar dia mampu menghadapi musuh utama yang merusak kesehatan, yaitu bahaya radikal bebas. Karena kita hidup di zaman modern yang besinggungan dengan kondisi udara  kotor akibat polusi, maka radikal bebas bisa menyerang setiap saat.

Pada dasarnya, radikal bebas bukan sebuah sumber penyakit, namun merupakan sebuah kondisi di dalam tubuh manusia dimana molekul di dalam tubuh kehilangan satu buah molekul. Akibatnya molekul tadi kehilangan keseimbangan dan akan terpecah dengan elektron tidak berpasangan alias jomblo. Keadaan ini membahayakan karena molekul jomblo tadi lalu disebut radikal bebas dan mudah bereaksi dengan molekul lain.


antioksidan-dan-radikal-bebas
Oleh Tuhan Yang Maha Esa, tubuh manusia didesain secara alami untuk mampu menangkal serangan radikal bebas. Setiap saat  radikal bebas bisa muncul berasal dari lingkungan sekitar ( faktor eksternal ) dan dari dalam tubuh sendiri ( internal ). Radikal bebas berlomba untuk melemahkan daya tahan tubuh manusia, sehingga  tubuh mengalami ketidakseimbangan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit.

Saat ini faktor internal dan eksternal adanya radikal bebas beredar dengan bebas di sekitar kita, yang bisa kita jumpai dalam keseharian. Misalnya, paparan sinar matahari terlalu sering dalam durasi lama, memberikan efek ketidakseimbangan molekul dalam tubuh (radikal bebas). Lalu  udara segar terkontaminasi oleh asap rokok, asap kendaraan bermotor, pabrik, dan limbah asap atau cair .
Radikal bebas karena polusi asap rokok, menjadikan seseorang perokok pasif. Sstt....menengo wahe, aku wis kapok ngrokok.
Radikal bebas karena polusi asap rokok, menjadikan seseorang perokok pasif. Sstt....menengo wahe, aku wis kapok ngrokok saiki.
Sayur dan buah segar sumber makanan antioksidan tersedia melimpah di sekitar kita.
Ingin cantik dan sehat awet muda, mari konsumsi sayur dan buah segar. Sumber makanan antioksidan tersedia melimpah di sekitar kita.
Saat banjir tiba dimana lingkungan tercemar karena air banjir, menyebabkan kondisi rumah menjadi kotor,  lembab karena adanya  bekas genangan air banjir yang notabene  penuh dengan kuman dan bakteri. Kondisi lembab dan kotor inilah sumber terjadinya radikal bebas karena tidak adanya udara bersih. Karena itu begitu banjir usai, segera berbenah membersihkan lingkungan, membuang lumpur dan sampah, dan menyemprot ruangan dengan karbol pembersih.

Selain itu faktor makanan dengan bahan kimia berbahaya seperti pengawet buatan ( MSG, vetsin ), zat pewarna sintetis, perasa dan pemanis buatan dalam makanan dan minuman ditawarkan kepada konsumen. Sebagai konsumen cerdas sebisa mungkin kita menghindari makanan dengan bahan pengawet dan mengalihkan ke makanan alami. Sayur dan buah segar mengandung serat alami sudah disediakan alam tersedia melimpah ada di sekitar kita.

Selain beberapa penyebab terjadinya radikal bebas, masih banyak lagi berbagai kondisi yang memungkinkan seseorang terpapar radikal bebas. Kebiasaan, gaya hidup, pola makan tidak sehat memberikan peran signifikan terjadinya radikal bebas. Yang tak kalah penting terjadinya stres atau tekanan mental yang terjadi pada seseorang, diwujudkan dengan ekspresi emosi marah, gelisah, dan jengkel, itu tanda adanya radikal bebas pada orang itu. ( tamat )

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.