ON LINE

Followers

GAYA HIDUP SEHAT CEGAH DIABETES.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 31 Januari 2014

Diabetes seperti pencuri yang mengambil barang diam-diam. Dibicarakan di warung kopi, kafe, kantor, dan berbagai komunitas, tetapi sedikit yang sadar mau melakukan pencegahan sejak dini. Bahkan yang sudah kena diabetes, sering terlambat mengetahui bahwa dalam dirinya mengidap penyakit tersebut.

Penyakit itu disebut pembunuh diam-diam jika penderitanya tidak mengobatinya sejak awal saat dia terindikasi penyakit diabet. Diabet berhubungan dengan kadar gula dalam darah seseorang. Terkadang orang sering mengabaikan diabetes karena mengira penyakit ini tak menyebabkan kematian secara langsung, seperti serangan jantung  atau stroke.

Namun, jika seseorang sudah kena diabetes, boleh dikatakan produktifitas seseorang menurun. Ini ditandai dengan keluhan berbagai rasa tidak nyaman dalam tubuh, mudah capai dan perubahan fisik secara kasat mata, wajah pucat dan berat badan turun drastis. Kalau sudah begini, secara perlahan diabetes akan menurunkan fungsi organ tubuh lainnya,  misalnya saraf dan pembuluh darah.
Perlu memeriksakan kadar gula darah secara teratur.
Perlu memeriksakan kadar gula darah secara teratur.
Karenanya agar tidak merambat kemana-mana, diabetes harus dilawan segera dan tidak bisa ditunda lagi. Salah satu perlawanan tahap awal, orang harus mau memeriksakan kadar gula dalam darahnya. Jangan malu berobat ke klinik kesehatan, kemukakan apa yang menjadi keluhan agar dokter bisa memberikan solusi penanganan segera.

Ketidaktahuan bahwa dirinya terindikasi diabetes, banyak pasien akhirnya terlambat memeriksakan diri ke dokter. Pasien baru sadar setelah diabetes sudah merambat ke organ tubuh lainnya. Gangguan penglihatan, ginjal dan pembuluh darah, merupakan beberapa dampak dari penyakit diabetes jika sudah terlambat ditangani.

Mumpung penyakit diam-diam ini belum fatal terjadi pada diri seseorang, alangkah baiknya penyuluhan kesehatan tentang gaya hidup sehat, terus dikumandangkan. Orang harus sadar bahwa diabetes harus dilawan dan kalau sudah kena harus dikendalikan lewat gaya hidup sehat dan tidak ada kata terlambat bagi orang yang sudah kena diabet. Lebih cepat ditangani lebih baik daripada dibiarkan berlarut-larut tanpa ada usaha penangan diabetes sama sekali.

Saat memperingati Hari Diabetes Sedunia yang lalu, dikumandangkan gerakan 3 J. Tujuannya mengajak masyarakat Indonesia menerapkan gerakan hidup sehat 3 J. Gerakan ini menjadi salah satu cara menjauhkan diri dari risiko diabetes. Caranya, belajar menghitung jumlah kalori ideal tubuh, memperhatikan jenis asupan makanan, dan jadwal mengonsumsi makanan secara teratur.
Olahraga secara teratur dan terukur mencegah diabetes tipe 2, adalah jalan kaki selama 30 menit. Lakukan setiap hari di pagi hari. Image by © Redlink
Olahraga secara teratur dan terukur mencegah diabetes tipe 2, adalah jalan kaki selama 30 menit. Lakukan setiap hari di pagi hari. Image by © Redlink.
Setelah memperhatikan jenis asupan makanan, yang tak kalah penting adalah aktif bergerak alias olahraga. Dengan aktifitas olahraga diharapkan kadar gula darah senantiasa terjaga dengan optimal dalam ukuran normal untuk ukuran usia seseorang. Olahraga paling murah dan meriah tidak memerlukan biaya banyak, adalah jalan kaki selama 30 menit.

Olahraga jalan kaki mencegah penyakit diabetes tipe 2.  Berjalan kaki secara teratur dapat menjauhkan diri seseorang dari penyakit diabetes tipe 2, merujuk pada hasil penelitian Graduate School of Health, University of Pittsburgh, AS. Karena risiko diabetes bisa menimpa setiap orang, maka pencegahan secara dini harus dilakukan secepatnya, dengan harapan semoga kita semua yang masih sehat bisa terhindar dari penyakit diabetes.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.