ON LINE

Followers

BELUNTAS UNTUK SEMPROTAN PENGHILANG BAU BADAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 31 Januari 2014

Daun beluntas berpotensi dimanfaatkan menjadi sayur, pakan ternak, dan obat. Daun ini antara lain bisa digunakan sebagai penurun panas, pereda nyeri rematik, dan  penghilang bau badan. Daun beluntas mengandung senyawa fitokimia, yaitu senyawa tanin, fenol, flavonoid, sterol, dan alkaloid, yang bersifat antioksidan dan antibakteri.

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ), Anita Ekantini, Indarti, Sri Kusyani, Chandra Dewi Puspitasari, dan Yuli Subekti memanfaatkan daun beluntas sebagai semprotan penghilang bau badan. Penelitian mereka berjudul Deodorant Spray Ekstrak Pucuk Daun Beluntas ( Pluchea indica L ) Less.

 
Masyarakat Jawa sejak lama memanfaatkan daun beluntas untuk sayuran penghilang bau badan. Selain itu  kaum ibu Jawa menggunakan daun beluntas untuk atasi keputihan, haid tidak teratur,  dan darah tinggi.
Masyarakat Jawa sejak lama memanfaatkan daun beluntas untuk sayuran penghilang bau badan. Selain itu wanita Jawa juga menggunakan daun beluntas untuk atasi keputihan, haid tidak teratur, dan darah tinggi.
Ekstrak pucuk daun beluntas kemudian diperas dan disaring. Paparan hasil uji di situs UNY, Kamis (  9/1 ), menyatakan, ekstrak daun beluntas efektif membunuh bakteri  Staphylococcos epidermidis.

Bakteri ini merupakan flora normal di kulit, tetapi bisa menyebabkan sakit pada orang dengan kekebalan tubuh menurun. Formula semprotan penghilang bau badan yang paling efektif adalah 20 ml alkohol 96 persen, 30 ml ekstrak pucuk daun beluntas dengan konsentrasi 100 persen, dan 40 ml akuades.

Sumber : Kilas Iptek / UNY.AC.ID/ELN

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.