ON LINE

Followers

SISI JAHAT DAN BAIK KOLESTEROL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 28 Maret 2011

Dalam dunia pewayangan kita mengenal tokoh jahat dan tokoh baik yang dilukiskan dalam keluarga besar Bharata yang masih terhitung saudara dekat. Keluarga itu adalah Kurawa dan Pandawa. Kurawa bersaudara 100 orang keturunan Prabu Destrarata dan Dewi Gendari memerankan tokoh jahat. Sedangkan keluarga Pandawa berjumlah 5 orang anak keturunan Prabu Pandu dengan Dewi Kunti dan Dewi Madrim memerankan tokoh baik.



Dalam perjalanan hidup keluarga besar keturunan Bharata ini sejak kanak-kanak hingga remaja dan beranjak dewasa selalu saling silang pendapat, berkelahi, adu kesaktian, perebutan kekuasaan yang puncaknya menimbulkan perang saudara Bharata Yudha. Pihak Kurawa yang dimotori Suyudhana sebagai sulung dari 100 bersaudara melawan Pandawa yang berjumlah 5 orang. Singkat kata perang sisi baik melawan sisi buruk manusia ini akhirnya dimenangkan pihak Pandawa sebagai manifestasi sisi baik manusia.



Akhirnya sisi buruk dari keluarga Kurawa semua tewas dalam perang Bharata Yudha tersebut. Suyudana, Dursasana dan adik-adiknya tewas di tangan ksatria Pandawa. Pandawa pun juga kehilangan anak-anaknya dalam perang saudara ini. Gatotkaca anak Bima tewas di tangan Adipati Karna, Abimanyu anak Harjuna yang tubuhnya sudah ditembus ratusan anak panah Kurawa tewas di tangan Jayajatra. Akhir peperangan Prabu Samiaji atau Puntadewa sebagai sulung Pandawa mendapatkan kembali haknya untuk melanjutkan tahta di Amarta.



Begitulan kehidupan dunia yang fana ini. Selalu berpasang-pasangan. Ada timur ada barat, ada siang ada malam, ada pria ada wanita dan ada jahat ada baik. Sisi baik dan buruk ternyata tidak hanya ada dalam dunia manusia yang diilustrasikan dalam diri Kurawa dan Pandawa tadi, akan tetapi di dunia kesehatan pun mengenal istilah jahat dan baik. Lebih tepatnya lagi sisi jahat dan baik yang kerap menjadi momok kesehatan manusia ada pada kolesterol. Agar seseorang mendapatkan gambaran jelas tentang zat ini maka fungsi kolesterol itu amat diperlukan untuk diketahui bersama.



Kolesterol berfungsi untuk membantu mencernakan lemak, memperkuat membran sel dan sebagai bahan pembentuk hormon dalam tubuh manusia. Sebagaimana dilansir fitur klasika kecantikan dan kesehatan menyebutkan kolesterol adalah suatu jenis lemak yang diproduksi secara alami dalam tubuh manusia yaitu pada organ hati dan dapat ditemukan di setiap sel tubuh. Meski kolesterol memiliki fungsi yang berguna bagi tubuh, jangan sampai kadarnya dalam darah meningkat. Ini perlu diwaspadai bagi setiap orang yang ingin terus hidup sehat.



Kalau sampai kadar kolesterol meningkat maka kolesterol cenderung akan menumpuk pada dinding pembuluh darah yang akhirnya dapat menyumbat dinding pembuluh darah tersebut. Ibarat pipa jika air yang mengalir di dalamnya banyak kotoran karena bercampur dengan endapan tanah keras bercampur lumpur lama kelamaan dinding pipa akan kotor yang akhirnya membuat pipa mampet tidak bisa lagi mengalirkan air ke tempat yang dituju.



Secara normal kolesterol yang dibutuhkan manusia diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang sesuai. Kolesterol dibawa dalam darah dalam bentuk protein yang merupakan kesatuan yang disebut lipoprotein. Kenaikan kolesterol yang terjadi disebabkan oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh. Di antaranya lemak hewani, telur, junkfood dan bermacam minyak sudah sepantasnya dihindari untuk mengurangi kadar kolesterol.



Ada beberapa jenis kolesterol, yang pertama adalah HDL ( high density lipoprotein ) atau disebut kolesterol baik. Disebut baik karena kolesterol ini cenderung bergerak kembali ke hati untuk nantinya dipecahkan dan dikeluarkan. Kondisi ini dapat terjadi jika pemilik tubuh rajin berolahraga, tidak merokok selalu menjaga berat badan tetapn ideal dengan sendirinya cenderung memiliki HDL yang tinggi.



Sebaliknya jenis kedua kolesterol adalah LDL ( Low Density Lipoprotein ) atau yang biasa disebut kolesterol jahat karena menyebabkan pengendapan pada dinding pembuluh darah yang dilewatinya. Karena mengendap lama kelamaan dinding pembuluh darah mengeras dan menyempit. Dengan sendirinya LDL akan tersimpan menempel di dinding arteri yang disebut plaques.



Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka plaques akan menjadikan dinding arteri menjadi sempit dan akhirnya menyumbat aliran darah. Kondisi ini biasa disebut aterosklerosis. Apabila plaques ini menyumbat aliran darah yang menuju jantung, maka terjadilah serangan jantung. Jika plaques ini menyumbat aliran darah dalam arteri ke otak dapat menyebabkan stroke.



Karena itu untuk mencegah serangan penyakit karena sisi jahat kolesterol tadi sudah seharusnya kita rajin menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang. Mumpung belum terlambat mari laksanakan hidup sehat berkelanjutan untuk menangkal penyakit yang datang menyerang tubuh kita.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.