ON LINE

Followers

DAMPAK GEMPA DAN TSUNAMI JEPANG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 15 Maret 2011

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang menghantam Jepang Jumat 11/03/2011 lalu membuat Jepang lumpuh total. Gempa dahsyat yang memicu tsunami setinggi 10 meter menyapu bersih sebagian Jepang utara mengakibatkan jaringan listrik, telepon dan transportasi di Tokyo putus total. Gempa utama ini juga diikuti gempa susulan 50 kali berkisar 6,0 skala Richter.



Meski sudah sering dilanda gempa bumi, warga Jepang pun tetap diliputi rasa takut dan berusaha tenang ketika menyelamatkan diri keluar dari gedung bertingkat, aparteman, pabrik dan bangunan lainnya. Menurut survei Geologi AS melaporkan gempa terjadi pukul 14.46 waktu setempat. Gempa berpusat di kedalaman 15,1 kilometer berjarak 130 kilometer di timur Sendai, ibu kota Prefectur Miyagi, Jepang Utara di pulau Honshu.



Puluhan kota dan desa sepanjang 2.100 kilometer garis pantai timur dari utara hingga selatan Honshu termasuk Tokyo yang berjarak ratusan kilometer dari pusat gempat ikut terguncang gempa. Gempa juga menyebabkan kebakaran di 11 tempat di Tokyo yang menyebabkan depot dan kilang minyak serta pabrik di sekitar Tokyo terbakar hebat. Tampak asap hitam pekat membubung tinggi di kawasan industri Isogo, Yokohama.


Rel kereta api dipenuhi rongsokan barang-barang di Tagajo, Kabuptaen Miyagi.

Kereta api yang ke luar dari rel berubah menjadi seperti pagar halaman di Higashimatsushima, Kabupaten Miyagi.

Tentara Jepang menggunakan perahu di sejumlah daerah yang banjir akibat tsunami, seperti di kota Ishinomaki.

Pemerintah dan warga Jepang bergulat untuk menanggulangi dampak gempa dan tsunami yang menerjang wilayah mereka hari Jumat (11/3). Tim militer Jepang melewati kapal yang terlempar ke daratan pasca tsunami ketika mencari korban.


Kepanikan warga Jepang dalam menghadapi gempa belum usai mendadak muncul tsunami di perairan timur Jepang. Gelombang tsunami setinggi 6 hingga 10 meter menerjang wilayah di Jepang utara terutama wilayah Sendai, Tohoku dan kota Kamaichi. Sebuah jembatan di wilayah ini juga roboh. Gambar yang dirilis televisi CNN, BBC dan Al Jazeera, tsunami juga memporakporandakan semua bangunan, mobil, rumah, perahu dan rel kereta api.



Hanya ada satu atau dua bangunan tinggi yang tersisa sementara bangunan lainnya di sekitarnya porak poranda. Kapal dan perahu juga mendarat di pelataran bangunan di tengah rongsokan puing-puing bangunan yang hancur tersapu tsunami. Sebuah komplek pabrik dan bandar udara utama di kota Miyagi hancur.


Tentara Jepang dikerahkan untuk membantu para korban yang selamat.

Kapal pemadam kebakaran berupaya mematikan api di pusat penyulingan minyak di Ichihara, sehari setelah gempa dan tsunami melanda Jepang.

Sejumlah kapal terbakar di Teluk Kesennuma akibar hantaman gempa dan tsunami.


Puluhan orang yang berdiri menyelamatkan diri dari terjangan tsunami berdiri di atap gedung bertingkat bandara menunggu pertolongan. Mereka ketakutan dan menjerit sementara puluhan pengendara yang berusaha mencari jalan keluar dari kepungan air bah akhirnya terjebak dan hilang ditelan sapuan air yang menerjang dengan dahsyatnya. Radio Jepang NHK melaporkan jumlah koran tewas di sepanjang pantai Samudra Pasifik sampai hari Minggu lebih dari 337 orang dan puluhan ribu masih hilang dalam pencarian tentara dan tim relawan.


Polisi Jepang memastikan 1.500 warga tewas dalam bencana alam. Namun, jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah. Wanita Jepang ini tengah menelusuri papan pesan orang hilang.

Media Jepang melaporkan nasib 10.000 orang warga kota Otsuchicho masih belum diketahui. Warga Otsuchicho yang lolos dari bencana saling berpelukan.

Sekitar 100.000 tentara dan relawan Jepang mencari dan mengevakuasi korban gempa dan tsunami. Tenaga bantuan dari luar negeri yang didukung anjing pelacak dan peralatan SAR juga mulai mengalir ke kawasan bencana.


Puing-puing bangunan yang roboh dan retak juga menimpa reaktor nuklir Fukushima Daiichi. Sampai Selasa petang BBC melaporkan sebuah ledakan baru kembali terjadi di reaktor 2 pembangkit nuklir Fukushima Daiichi setelah sempat dicoba untuk distabilkan pasca ledakan serupa yang menimpa dua reaktor lainnya dalam empat hari terakhir. Seorang pejabat pemerintah mengatakan kemungkinan besar ''batang'' reaktor nuklir akan meleleh. Tingkat radiasi di lokasi sekitar pembangkit nuklir juga telah dinaikkan.

Tapi belum ada penjelasan rinci penyebab ledakan di pembangkit Fukushima Daiichi yang berjarak sekitar 250km dari Tokyo. Tetapi indikasi sementara memperkirakan skala ledakan tidak dalam skala yang sama dengan ledakan sebelumnya. Dalam insiden itu sejumlah pekerja di reaktor 2 segera di evakuasi. Penduduk desa dan kota tempat reaktor nuklir ini be pembangkit listrik sudah dievakuasi menjahui lokasi dalam radius 20 kilometer dari reaktor nuklir.


Sumber : BBC/Reuters/AP/AFP. Photo by BBC Galeri Foto.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.