ON LINE

Followers

GAJAH BERBAHASA KOREA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 16 Desember 2012

Seekor gajah Asia bernama Koshik, ternyata bisa berbicara dalam bahasa manusia. Bukan sembarang bahasa yang Koshik ucapkan namun hanya mengucapkan beberapa patah kata dalam bahasa Korea. Menurut para peneliti dari Universitas Wina, ucapan Koshik itu dapat dipahami oleh penutur bahasa. Tidak jelas mengapa dan kapan Koshik mulai meniru ucapan manusia.

Tetapi ahli biologi kognitif Angela Stoeger dan Tecumseh Fitch dalam penelitian yang dipublikasikan Reuters memperkirakan kemampuan Koshik ini berkembang sejak usia muda. Koshik merupakan satu-satunya gajah yang ada di Kebun Binatang Everland di Korea Selatan selama sekitar lima tahun. Di masa mudanya Koshik hanya bergaul dengan manusia.

Gajah jantan berusia 22 tahun yang dinamakan Koshik itu menggunakan hujung belalai untuk mengeluarkan bunyi seolah-olah seperti suara manusia.
Menurut laporan Journal Current Biology, mamalia itu mampu berkomunikasi apabila mendengar arahan, namun ada ketikanya ia 'bercakap' tanpa disuruh.
Stoeger yang merupakan pakar dalam komunikasi gajah berkata, percakapan manusia mempunyai dua aspek penting iaitu nada dan intonasi suara.
Ada lima perkataan yang Koshik telah kuasai yaitu annyong ( hello ), anja (duduk), aniya ( tidak ), nuo ( baring ) dan choah ( bagus ).
Menurut para peneliti itu, dengan menempatkan belalainya di mulut, Koshik berhasil membuat vokalisasi yang berbunyi halo, tidak, telentang dan bagus dalam bahasa Korea. Sayangnya, tidak bisa dipastikan apakah Koshik memahami arti dari kata-kata yang diucapkannya itu. ( Reuters/nap/jibi ).

Video Koshik dan penuturnya saat sedang belajar bahasa Korea.  Source : You Tube.
 
[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=7B4voZ6xiM8]

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.