ON LINE

Followers

PENGEMBANGAN DIRI SEORANG PRAKTISI REIKI ( 7 ).

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 18 Juni 2010

PERANAN SELF TALK SAAT MEDITASI.



Menengok konstitusi Badan Kesehatan Dunia ( WHO), orang dikatakan sehat alias waras bila ia sehat secara jasmani, mental dan sosial. Ketiga kondisi ini harus diusahakan menjadi seimbang dan harmonis. Bila salah satu mengalami gangguan, ia tidak berada dalam kondisi sehat secara utuh atau sempurna. Lebih jauh bagaimana memahami keterkaitan antara tubuh, jiwa dan spirit agar tetap sehat bagi orang yang telah biasa hidup bermediasi dapat mencerna hal itu dengan mudah. Tetapi bagi yang tidak biasa memahami bahwa dibalik tubuh jasmani ini ada spirit yang ikut juga berperan dalam perjalanan hidup ini yaitu jiwa, tentu sulit mencerna hal ini.



Tidak usah bingung. " Bayangkanlah Sahabat sehat dengan kundalini reiki itu ibarat sebuah komputer. Kalau roh diibaratkan sebagai progamnya, maka jiwa atau mind anda itu ibarat disketnya dan tubuh kita sebagai printernya, " kata dr. Tubagus Erwin Kusuma, Sp,Kj, psikiater sebuah klinik di Jakarta. Lebih jauh dr. Erwin menyebut roh kita tiada lain adalah jati diri kita sendiri. Derajadnya paling tinggi dibandingkan dengan unsur lain dalam diri kita.



Lewat spirit Anda dapat membuat wish atau niat, atau nawaitu atau niat ingsun dalam bahasa Jawa. Kalau isi progamnya niat negative maka hasil print-nya juga bersifat negative. Begitu pula sebaliknya bila niat awal adalah sesuatu yang positip maka hasilnya pun akan positip. Contoh sederhana saat sahabat sehat dengan kundalini reiki tengah kehujanan di tengah jalan dan badan basah kuyup tersiram air hujan, lalu berniat dalam hati jika setiap kali kehujanan akan jatuh sakit, atau kepala jadi pusing memikirkan belum gajian, maka itulah yang akan terjadi, badan akan sakit atau kepala pusing karena output yang telah Anda progam mengatakan akan sakit atau pusing.



Akan tetapi jika isi niat Anda hal sebaliknya dan mengarah ke hal positip misalnya Anda affirmasikan, " Meski saya kehujanan di tengah jalan dan memikirkan belum gajian, saya tetap sehat...sehat...sehat bebas pusing dengan Izin Tuhan YME," maka kondisi itu pula yang akan terjadi pada Anda. Begitu spirit kita membuat niat atau progam tertentu, maka niat itu entah positip atau negative akan menetap sebagai memori yang tersimpan dalam disket bernama jiwa ( mind ) dalam jiwa bawah sadar.



Celakanya sifat jiwa bawah sadar tidak logis. Semua informasi jiwa bawah sadar tidak dapat mengenali informasi sebagai hal positip atau negative. Ibarat anak-anak balita, akan menelan apa saja yang sekiranya masuk mulut tanpa memikirkan lagi apakah benda yang masuk mulut itu manis, asam, berbahaya atau tidak bagi kesehatan tubuh jika sudah tertelan. Dengan kata lain jiwa bawah sadar ibarat anak-anak dan menelan mentah-mentah segala informasi yang masuk kedalamnya.



Setiap ingatan atau memori apakah sedih, gembira, bahagia atau sengsara akan tersimpan dalam jiwa bawah sadar. Semua orang akan mengalami hal itu. Dibantu oleh miliaran sel saraf yang terhubung satu sama lain, apa yang kita lihat, dengar, pelajari, cium, kecap, rasakan atau alami akan tersimpan erat dan menetap ke dalam alam bawah sadar. Terkadang memori negative lebih mendominasi sehingga ingatan orang akan terus menerus memikirkannya dibandingkan dengan memikirkan hal positip. Kalau sudah begini maka muncul trauma berkepanjangan dan bukan mustahil orang ini akan putus asa dalam hidup ini dan berniat mengakhiri hidup dengan bunuh diri.



Sebenarnya banyak cara atau metode teknik yang berguna untuk mencapai harmonisasi antara spirit, jiwa dan tubuh sehingga tercapai kondisi seimbang di antara ketiganya ini. Olahraga tentu bertujuan menyehatkan tubuh ( fisik ), olah jiwa untuk menyehatkan jiwa dan olah rohani untuk menyehatkan spiritualitas. Ketiga aktivitas ini biasanya dilakukan secara terpisah namun hasilnya akan positip satu sama lain. Dalam kaitan topik ini tentunya semua sahabat sehat dengan kundalini reiki telah mempraktekkan apa itu meditasi sebagai penunjang dari praktek reiki.



Apa pun jenis meditasi yang telah Anda latih tentunya bertujuan untuk menyehatkan jiwa yang outputnya juga sangat berpengaruh pada tubuh jasmani. Saat Anda dalam kondisi meditatip dengan tidak mengosongkan pikiran, yang bekerja adalah spirit Anda. Sedangkan otak ( tubuh ) dan jiwa istirahat total. Karena begitu khusuknya Anda bermeditasi dalam kepasrahan total kepada Zat Yang Maha Suci, tiba saatnya waktu ini dipilih untuk berkomunikasi kepada Zat Yang Maha Agung dan membuang segala ingatan memori negative yang telah terlanjur ada dalam rekaman alam bawah sadar masa lalu untuk dihapus segera. Perlahan namun penuh keyakinan progam rekaman negative masa lalu dihapus dan menggantikannya dengan niat progam positip. Kondisi meditatip ini bisa dicapai oleh umat beragama lewat meditasi tertentu, zikir atau wirid, doa rosario dan sebagainya sesuai dengan Iman dan Kepercayaannya.



Adapun progam positip yang bisa Anda masukkan kedalam alam bawah sadar lewat self talk misalnya, " Dalam kondisi seperti ini...Ya Allah...saya sehat...sehat...sehat..semua organ tubuhku berfungsi dengan baik, selaras, harmoni dan semua penyakit dalam tubuhku keluar seiring keluarnya napas, masuk ke dalam bumi tanpa merugikan mahkluk lain. Seiring tarikan napas ke dalam tubuh mata bhatin saya lebih jernih, tajam dan terus menyehatkan jasmani dalam kondisi apa pun dalam hidup ini. Perkuat energi positipku menjadi .....kali lipat." Semua sahabat sehat dengan kundalini reiki dapat menambahkan kalimat affirmasi positip lainnya untuk keperluan pribadi Anda.



Praktek self talk ini sebenarnya bisa kita lakukan di luar waktu meditasi misalnya ketika Anda hendak tidur malam. Begitu badan berbaring di kasur...tenangkan pikiran dan relakkan seluruh otot tubuh dan lemaskan badan. Awali dengan doa dan mulai pejamkan mata perlahan....arahkan energi pikiran kepada keluar masuknya napas. Tetap santai...bayangkan energi letih, lesu, lemah, stress karena beban pekerjaan hari ini mulai keluar pelan-pelan dari tubuh Anda lewat chakra kedua telapak kaki atau chakra dasar. Energi kotor warna abu-abu mulai keluar dan mata semakin berat untuk membuka. Lalu lepaskan semua beban yang ada dalam tubuh dan pikiran dan gantilah dengan hal positip yang menyenangkan hati dan pikiran untuk beraktifitas keesokan harinya. Kalau sudah kondisi demikian...sehat dengan kundalini reiki ucapkan selamat malam dan semoga mimpi indah malam ini.



Sumber : Mind, Body and Soul Intisari ( diedit ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.