ON LINE

Followers

IKAN MOLA MOLA PENGHUNI SAMUDRA BERMIGRASI.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 08 Juni 2010

Sahabat sehat dengan kundalini reiki yang pernah belajar Ilmu Bumi tatkala masih duduk di bangku sekolah dasar, tentu mengenal Samudra luas tempat hidup mahkluk air yang terdiri atas jutaan species tinggal di dalam air laut. Salah satu species hewan air itu adalah Ikan Mola Mola. Ikan samudra Mola Mola ( sunfish ) ini merupakan satu mahkluk terbesar dan paling aneh bentuknya di laut. Mola Mola tinggal di seluruh samudra di dunia ini. Tak banyak informasi yang diketahui tentang kebiasaan ikan yang cukup ramah ini.



Para peneliti di Pusat Pelagis Universitas New Hamphire tengah mempelajari perilaku mola mola dengan menggunakan transmiter radio yang didesain secara khusus sehingga bisa mengambang di permukaan dan mengirimkan pesan data lewat satelit. Yang mengejutkan....sebagaimana GeoWeek mewartakan yang sehat dengan kundalini reiki kutip dari jurnal ilmiah itu, ternyata data yang dikumpulkan cukup mengejutkan dimana gerakan mola mola menunjukkan bahwa sunflish di Atlantik Utara bermigrasi sedikitnya 3000 kilometer dan dapat menyelam sampai kedalaman 800 meter.




Di perairan Pulau Nusa Penida, Mola mola kerap muncul pada kisaran Juni hingga September setiap tahunnya. Mola mola termasuk ikan yang cukup unik, karena tidak memiliki sirip ekor seperti ikan pada umumnya. Ikan raksasa ini berenang menjelajahi samudera hanya dengan menggunakan sirip punggung dan sirip perutnya saja, sementara sirip dada lebih berfungsi sebagai penyimbang.


Mereka bermigrasi ke arah selatan pada waktu musim semi, kadang mengikuti tepian dasar benua dan bepergian sempai sejauh Teluk Meksiko. Mola mola dikenal sebagai ikan yang mampu mengambang dalam waktu lama di permukaan air. Namun berdasarkan penelitian mola mola mampu bermigrasi untuk periode cukup panjang di kedalaman samudra. Misalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka mampu berenang di bawah arus yang mengalir ke utara ketika bermigrasi ke selatan.




Berita tentang Mola mola yang tersangkut kapal bukan kali pertama ini terjadi. Pada 18 September 1908 kapal uap Fiona bernasib serupa. Fiona yang sudah berlayar 65 km dari Sydney, mengalami goncangan yang cukup kuat. Kapal inipun melambat ke tepian dan salah satu awak kapal melihat Mola-Mola tersangkut pada baling-baling kapal. Mola mola kemudian diangkat. Saat diukur Mola mola yang tersangkut ini memiliki ukuran panjang 3.1 m dan tinggi 4.1 m. Ukuran ini merupakan ukuran Mola mola terbesar yang pernah diketahui.


Makanan mola mola yang utama adalah ubur-ubur yang biasa ditemukan di sekitar penyu belimbing ( leatherback sea turtle ). Mola mola juga menyantap zoonplankton, cumi-cumi, bintang laut dan rumput-belut. Berat seekor mola mola dewasa bisa mencapai 2.300 kilogram dan besarnya sekitar 4.3 meter. Mola mola dikenal dengan bentuknya yang unik , yaitu memiliki kepala raksasa, sirip yang panjang, tetapi tidak mempunyai ekor. Kulit mereka dilapisi lendir yang menjadi tempat bersarang bermacam parasit. Melihat bentuk ikan yang lucu aneh ini, mengingatkan kepada kita semua, sungguh Maha Besar Tuhan yang telah menciptakan berbagai jenis hewan laut dengan berbagai bentuk di antaranya ikan mola mola ini.



Sumber : GeoWeek/Gambar : Jelajah Unik/Indosmarin.com

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.