ON LINE

Followers

MASA LALU KAWASAN GURUN SAHARA HIJAU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 20 Juni 2010

Siapa saja pasti sudah mengenal nama Gurun Sahara tatkala belajar Ilmu Bumi atau lebih kerennya Geografi. Begitu terkenalnya Gurun Sahara sebagai salah satu Gurun selain Gurun Gobi, menyebutkan wilayah ini sebagai kawasan yang paling tidak ramah. Gurun Sahara meliputi sebagian besar Afrika bagian utara dan dikenal sebagai wilayah terpanas di bumi. Sulit membayangkan bahwa sebagian dari wilayah gurun ini dahulunya merupakan kawasan subur dan hijau.



Mari kita masuk ke jaman sekitar 12.000 tahun lalu. Saat itu cuaca secara berkala mendorong angin musim ke arah utara, membawa hujan dan membantu menciptakan kawasan hijau di pinggir selatan Sahara. Hujan juga mendatangkan binatang dan kemudian manusia ke kawasan yang luasnya sebesar California. Wilayah inilah kemudian dinamakan Sahara Hijau.



Para arkeolog memperkirakan ada dua kebudayaan di wilayah itu yang dipisahkan oleh waktu sekitar 1.000 tahun. Kebudayaan pertama muncul sekitar 9.000 tahun lalu. Mendahului periode Piramida, komunitas ini tak banyak meninggalkan jejak sejarah mengenai dari mana mereka datang dan kemana mereka pergi.




Meskipun Sahara disebut sebagai tempat terkering di dunia, pada masa lalu, Gurun Sahara merupakan hutan yang luas, hal ini telah dibuktikan dengan adanya lukisan yang dilukis oleh manusia purba di dinding gua-gua yang menunjukkan bahwa dulunya Gurun Sahara merupakan hutan yang hijau.

Sahara adalah nama gurun terbesar di dunia. Sahara terletak di benua Afrika, tepatnya di dekat Mesir. Tempat ini disebut sebagai tempat terkering di dunia.

Pada 5.500 tahun yang lalu, manusia masih hidup dengan cara berburu, meramu, dan bercocok tanam (secara sederhana). Pada masa itu, mereka masih hidup nomaden (berpindah-pindah).

Selain fosil manusia, binatang ditemukan pula fosil-fosil yang teridentifikasi sebagai serbuk sari bunga. Sahara meninggalkan jejak sejarah manusia kuno yang hidup cara nomaden.

beberapa peneliti melalui penelitian yang panjang menyebutkan bahwa Gurun Sahara dapat dikembalikan pada kondisi awalnya. Para peneliti menemukan adanya dua lokasi yang berpotensi untuk subur kembali.


Sekitar 10 tahun lalu, sekelompok peneliti dinosaurus menemukan situs makam binatang dan manusia di zaman Neolitik, di sekitar utara Niger. Ekspedisi berikutnya di wilayah itu juga menemukan fosil tulang-tulang manusia, keramik dan artefak lainnya yang cukup membantu menggambarkan dua kebudayaan kuno itu. Menurut paparan GeoWeek sebagaimana sehat dengan kundalini reiki kutip mengatakan, bukti-bukti yang ditemukan pada situs yang dikenal dengan nama Gobero itu melukiskan dua kelompok yang berbeda.



Pertama, kebudayaan 5.000 tahun lalu dari sebuah kelompok yang hidupnya berpindah-pindah, dijuluki masyarakat Tenerian. Kedua, kebudayaan yang lebih awal dari kelompok yang hidupnya bergantung pada ikan, yaitu masyarakat Kiffian. Pada situs itu ditemukan aneka tulang belulang, termasuk fosil buaya yang ukurannya sebesar bus kota, badak, serta fosil ikan Nil seberat 136 kilogram.



Sumber : GeoWeek Kompas/Photo : Google Images.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.