ON LINE

Followers

BERAPA PANJANG SUNGAI COLORADO?

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 21 Juni 2010

Masih ingat film cowboy yang seringkali mengambil setting Sungai Colorado sebagai latar belakang ceritera? Sungai Colorado merupakan salah satu sungai tertua dan boleh jadi terindah di Amerika Serikat. Sungai yang berhulu dari Pegunungan Roky, airnya mengalir ke arah barat daya sejauh 2.300 kilometer menyeberangi Gurun Mojave dan Sonoran, sampai kemudian mencapai Meksiko dan bermuara di Laut Cortez.



Selama jutaan tahun konon ceriteranya, aliran dari Sungai Colorado membentuk Grand-Canyon, sebuah ngarai yang luar biasa indahnya sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pencipta bagi umat manusia di bumi Amerika. Meskipun demikian selama 100 tahun terakhir, Sungai Colorado menjadi sumber air yang paling banyak dikeruk di muka bumi. Sebagai contoh enam bendungan yang mengambil air dari sungai ini, termasuk Bendungan Glen Canyon dan Hoover, memanfaatkan sungai ini untuk kepentingan arigasi dan juga pasokan listrik bagi kota metropolis seperti Los Angeles dan Phoenix.



Menetapkan seberapa lama waktu yang dibutuhkan aliran air untuk menyusuri Colorado, penting bagi instansi maupun petugas yang bertanggungjawab mengontrol penggunaan sumber daya air dari sungai ini. Untuk mengetahui seberapa lama perjalanan setetes air menyusuri Colorado, para peneliti menggunakan cairan celup yang berpendar ( fluorescent dye ) yang tidak membahayakan binatang atau tumbuhan yang dapat dideteksi alat pengukur khusus.




Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona.


Celupan itu ditempatkan di suatu lokasi khusus di sungai dan sampelnya kemudian diambil dari beberapa tempat di hilir untuk mengetahui kapan pertama kali celupan itu melintas. Data diambil dari sampel tersebut memungkinkan para peneliti menentukan secara akurat kecepatan aliran air. Aliran air tercatat menempuh jarak 1.250 kilometer antara Bendungan Glen Canyon dan laut dengan waktu tempuh 15 hari. Kini Sungai Colorado tidak lagi mengalir ke Laut Cartez. Sebagian besar air yang mengalir di selatan dari Bendungan Imperial dialihkan ke Laut Salton. Muara tersebut sekarang terlihat tandus dan rata. Bagaimana pun Sungai Colorado mempunyai kenangan tersendiri akan keindahan alamnya bagi orang yang sudah melihatnya. Aliran sungainya membentuk ngarai yang luar biasa indahnya yaitu Grand Canyon Colorado.




Sungai Colorado diapit tebing tinggi di kanan kiri aliran sunganya.


Keajaiban dari Sungai Colorado adalah Grand Canyon, sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon, salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.



Sumber : GeoWeek Kompas.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.