ON LINE

Followers

KADAL RAKSASA ADA DI FILIPINA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Sabtu, 12 Juni 2010

Masih ingat dengan kadal? Barangkali kadal yang hidup di sekitar tempat tinggal kita, sudah biasa kita lihat setiap hari. Mereka sering ada di halaman rumah, merayap pohon di pekarangan rumah bahkan berkeliaran di areal persawahan. Itu kadal biasa tapi bila ada ada kadal raksasa barangkali orang akan terkejut dan bahkan takut. Boleh saja orang takut tapi tidak demikian halnya dengan kadal raksasa satu ini, yang hidup di hutan Filipina.



Orang menyebut reptil yang masuk dalam keluarga besar kadal dengan panjang sekitar dua meter telah ditemukan di Filipina. Menurut situs BBC News Rabu ( 7/4 ) yang sehat dengan kundalini reiki kutip dari Kompas, menyebutkan reptil raksasa dengan kulit kuning, biru dan hijau terang itu ditemukan di kawasan hutan pegunungan Sierra Madre Filipina. Pengamatan oleh tim ahli binatang melata, reptil raksasa ini lalu diberi nama Varanus Bitatawa ternyata hanya makan buah-buahan.




Tak seperti komodo yang menakutkan, kadal ini diburu untuk diambil dagingnya adalah karnivora dan tak menyantap daging busuk. Malah hewan itu selalu bersikap damai dan sangat menikmati buah.


" Binatang itu luar biasa. Sayangnya sekarang ia lepas dari pantauan kami," kata Rafe Brown, salah satu ilmuwan yang menggambarkan reptil raksasa spesies baru itu di jurnal Biology Letters. Penemuan reptil raksasa ini sama pentingnya dengan penemuan dua spesies raksasa yang disebut mega fauna beberapa tahun lalu yaitu Rungwecebus Kipunji sejenis monyet baru yang ada di Afrika dan Saola ( Pseudorys Nghetinhensis ) dari Vietnam.



Kadal raksasa ini sebenarnya sudah dikenal lama oleh warga suku Agta dan Ilongot yang tinggal di kawasan pedalaman hutan sebelah utara Pulau Luzon. Bahkan biasanya masyarakat kedua suku itu memburu kadal raksasa itu untuk diambil dagingnya, sumber protein yang utama. Keberadaan kadal raksasa itu kemudian diketahui tim ilmuwan dari Amerika Serikat, Filipina dan Belanda.




Hewan ini hidup di pepohonan, jadi tubuhnya tak bisa sebesar komodo, hewan sangat besar yang memakan banyak daging segar. Hewan ini pemangsa buah.


Sebelumnya tim ini sudah menganalisis sejumlah species kadal raksasa yang disimpan di museum AS dan Filipina. Panjang tubuh kadal raksasa itu diperkirakan mencapai dua meter, ekornya sepanjang satu meter. Warna kakinya didominasi kuning dan ekornya garis-garis hitam dan kuning. Karena kadal ini hanya makan buah-buahan, berarti kadal raksasa spesies baru itu termasuk satu dari tiga spesies kadal pemakan buah yang ada di dunia.



Sampai saat ini kadal raksasa spesies baru ini menghilang dan belum diketahui keberadaannya lagi. Para peneliti menduga, barangkali kadal raksasa species baru itu kerap bersembunyi di bagian paling dalam hutan. Namun satu hal pasti, kadal raksasa ini tidak pernah meninggalkan hutan ataupun berpindah tempat ke daerah terbuka. Sejauh ini para ilmuwan biologi memperkirakan, kadal raksasa species baru itu paling tinggal sekitar 150 kilometer dari saudara terdekatnya, yakni kadal yang dikenal dengan Varanus Olivaceus yang juga hidup di hutan dan hanyak memakan buah-buahan.



Sumber : BBC/Kompas.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.