ON LINE

Followers

PENCERNAAN SEHAT IDAMAN KITA SEMUA.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 10 Juni 2010

Sahabat sehat dengan kundalini reiki jumpa di awal pekan yang tentu sedang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Semoga hari ini Anda tetap sehat bugar tak kurang suatu apa dalam meniti hari. Barangkali di tengah kesibukan siang hari ini Anda semua sudah menyempatkan diri sarapan pagi dengan menu sesuai selera Anda. Tak perlu menu wah...mahal...sederhana saja cukup asalkan memenuhi kriteria sehat dalam menunjung kinerja organ pencernaan. Betapa pentingnya menjaga organ pencernaan agar tetap sehat ada beberapa kunci yang mesti kita perhatikan bersama.



Kita pun tahu bahwa apa yang kita makan bisa mempengaruhi kesehatan. Boleh jadi apa yang kita makan dan enak ternyata berpengaruh pada kinerja perncernaan setelah makanan itu masuk lambung dan dicerna oleh organ pencernaan. Sebagai sistem yang memproses makanan, saluran pencernaan rentan mengalami gangguan. Ini wajar mengingat di dalam organ-organ pencernaan akan terjadi proses penyerapan nutrisi dari makanan yang diasup dan pembuangan zat-zat beracun.



Tentu Anda mengenal istilah sembelit, diare, dispepsia dan masih banyak lagi yang berhubungan erat dengan makanan. Padahal di satu sisi, pada sistem pencernaan ini juga terdapat sistem kekebalan tubuh. Sekarang ini dengan gaya hidup modern banyak kemungkinan pola konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat namun minim serat. Gaya hidup menyantap makanan ala ini erat kaitannya dengan keterbatasan waktu karena kesibukan mendera sehingga seseorang cenderung mencari makanan yang siap saji, mengenyangkan dan praktis penyajiannya, tidak bertele-tele tepat waktu sampai ke meja makan.






Alih-alih ingin cepat kenyang membuat orang kerap mengabaikan kandungan gizi yang seimbang dari makanan yang diasup. Hasilnya muncul keluhan adanya penyakit yang berhubungan dengan dengan sistem pencernaan maupun penyakit degeneratif yang siap mengancam. Karena itu sebagai salah satu langkah efektif untuk mengembalikan fungsi pencernaan dengan baik sekaligus mengontrol gula darah agar tetap normal, mulailah mengingkatkan konsumsi serat dalam makanan. Mulailah lengkapi menu makanan Anda setiap harinya dengan sayur dan buah.



Kedua jenis makanan tadi adalah contoh paling umum gampang didapatkan dan cukup terjangkau kocek Anda. Salah satu bahan makanan adalah beras dan produk turunannya juga diketahui memiliki sifat mudah dicerna dan kaya karbohidrat kompleks. Memberi variasi dalam makanan jenis tersebut sebagai pelengkap lauk dan makanan pokok dengan tujuan untuk mendapatkan komposisi nutrusi yang beragam. Apabila buah bisa langsung dimakan lain halnya dengan sayur yang bisa dimakan mentah untuk lalap atau pun matang.




Mulailah mengkonsumsi makanan dengan buah berwarna dan sayur. Kedua jenis makanan ini mudah didapatkan di sekitar kita lagi pula murah meriah.


Yang perlu diperhatikan ketika proses pengolahan bahan makanan kurang benar dengan sendirinya dapat menghilangkan beberap zat gizi dari satu bahan makanan yang diolah. Sekedar contoh adalah saat mengolah sayur menjadi hidangan sebagaimana hasil penelitian yang ditulis dalam buku Makan Sehat Hidup Sehat terbitan Buku Kompas, menyimpulkan bahwa sayuran yang direbus dengan air menghasilkan kadar serat makanan yang paling tinggi ( 6.4% ). Kemudian sayuran dikukus ( 6.24% ), sayuran masak santan ( 5.98% ) dan sayuran mentah ( 5.97% ). Jadi silakan pilih cara memasak mana yang sekiranya menghasilkan makanan yang tetap tinggi gizinya dan tidak rusak ketika dimasak.



Sumber : Kompas Klasika ( re-edit ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.