ON LINE

Followers

KORBAN GEMPA MEKSIKO DALAM PERAWATAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 13 April 2010

Gempa bumi di Haiti yang terjadi di awal tahun ini menyusul Chili, kini menghantam Meksiko. Gempa bumi mengakibatkan terganggunya aliran listrik termasuk di sejumlah rumah sakit, sementara korban gempa mulai kekurangan makanan. Sekitar 200 korban luka-luka akibat gempa bumi Meksiko, saat ini masih menjalani perawatan intensif di berbagai rumah sakit di Ibukota Meksiko City.



Puing-puing reruntuhan bangunan masih memenuhi ruas-ruas jalan kota Mexicali yang porak poranda akibat gempa dahsyat dua hari lalu. Pusat survey Geologi Amerika Serikat melaporkan terjadinya 80 kali gempa susulan hanya dalam waktu beberapa jam, menyusul gempa berkekuatan 7 koma 2 pada skala Richter yang melanda wilayah perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat.


Gempa mengakibatkan sejumlah kebakaran serta kebocoran pipa gas, sementara suasana jalan menjadi gelap gulita, menimbulkan terjadinya insiden lalu lintas. Presiden Meksiko Felipe Calderon meninjau ratusan tenda darurat dan menjanjikan bantuan rumah kepada warga setempat. Dalam keterangan pers, Gubernur Baja California, Jose Osuna mengkonfirmasi dua orang tewas dan lebih dari 200 lainnya luka-luka aktibat gempa tersebut.



Gambar yang diambil dari Mexicali, area metropolitan dan ibukota negara bagian Baja California, menunjukkan bangunan rusak, jalanan retak, dan barang-barang di supermarket berjatuhan dari rak. Aliran listrik di seluruh kota terputus


Sejauh ini jaringan listrik berangsur normal kendati banyak rumah sakit masih belum mendapatkan aliran listrik memadai. Guncangan gempa hari Minggu lalu dirasakan hingga wilayah Los Angeles Amerika Serikat. Selain menimbulkan kerusakan jalan, gempa juga mengakibatkan 3.500 rumah penduduk roboh. Menurut Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa terjadi pada Minggu sore pukul 15.40 waktu Meksiko ( Senin dini hari WIB ) dengan episentrum sekitar 110 mil dari sebelah tenggara Kota Tijuana, Meksiko.



Menurut stasiun televisi CNN, direktur badan perlindungan sipil Meksiko, Alfredo Escobedo, mengatakan bahwa sekitar 100 korban luka berada di Mexicali. Getaran gempa dirasakan penduduk di negara bagian Arizona dan California selatan, Amerika Serikat (AS). Di dua wilayah tersebut, belum ada laporan kerusakan berat dan korban luka, hanya beberapa laporan mengenai kerusakan kecil akibat gempa.



Pusat gempa yang relatif tak terlalu dalam berada di daerah padat penghuni di bagian timur-laut Baja California di dekat kota Mexicali di perbatasan dengan AS.

Sebuah mobil melintasi patahan jalan yang terletak pada kilometer 30 dari jalan raya Mexicali-Tijuan. Jalan tersebut terbelah akibat gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter yang mengguncang Mexicali, Meksiko, 4 April 2010.


Banyak bangunan di kota kecil Calexico di AS, di seberang perbatasan dari Mexicali, rusak tapi tak ada korban jiwa, kata Kepala Pemadam setempat Pete Mercado di Los Angeles. "Kami adalah warga dengan jumlah 40.000, yang berbatasan dengan Mexicali yang berpenduduk 1,5 juta orang. Banyak kerusakan di Mexicali," katanya. "Saya belum menerima perubahan keterangan dari pihak Meksiko."



Warga di California Selatan dan Arizona menceritakan getaran hebat yang mereka alami. "Kami belum pernah merasakan gempa seperti ini sejak 1979," kata Michelle Tapia dari Brawley, California. Joe Madison sedang berbelanja di Wal-Mart, Palm Springs, California, saat merasakan guncangan. "Saya rasakan seluruh toko bergerak, dan orang-orang lari ke luar," katanya. Orang-orang berkumpul di parkir luar toko hingga getaran berhenti.



Sumber : Reuters/Garit/Mexico: Quake More Damage.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.