ON LINE

Followers

URUN REMBUG SOAL DIABETES DAN KOLESTEROL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 26 Maret 2013

Saat menjalankan olahraga jalan kaki, seperti biasa saya, sehat dengan reiki sering bertemu dengan ibu Sofiah seorang penderita penyakit gula yang disarankan dokternya untuk tetap berolahraga ringan. Dalam pertemuan yang kesekian kalinya setiap kali berpapasan, beliau tampak ceria, cerah wajahnya dan mengisyaratkan seakan-akan dirinya bukan seorang penderita diabetesi. Padahal sebelum mengikuti saran dokternya, kadar gula darahnya sangat tinggi dengan keluhan badan cepat capai.

Namun dengan usaha mau berolahraga jalan kaki sehat, perkembangan fisiknya berangsur-angsur normal. Yang dulunya kurus, sekarang badan bertambah bobotnya dalam takaran ideal sesuai dengan umurnya. Beliau sudah purnabakti dari kesatuannya selama 5 tahun ini sejak divonis menderita penyakit gula.

Penyakit gula bukan untuk ditakuti akan tetapi dicarikan jalan keluarnya agar penderitanya bisa mengendalikan kadar gula dalam darahnya. Yang semula tinggi, dengan diet ketat menyangkut pola makanan serta mau menjalankan aktivitas fisik, maka kadar gula dalam darah bisa dikontrol. Setelah sering bertemu dengan mantan penderita penyakit gula, beberapa waktu lalu saya berpapasan dengan Pak Wibowo yang mengeluhkan kadar kolesterolnya tinggi.

Dengan sopan beliau menanyakan kepada saya, apakah olahraga bisa menjaga kadar kolesterol tetap terjaga. Terus terang saya jawab bisa, asalkan juga diikuti dengan pola makan sehat. Pola makan sehat di antaranya, keseimbangan, kecukupan dan variasi makanan.
Lakukan olahraga demi kesehatan tubuh dengan teratur dan terukur. Soal jenis olahraga terserah, karena olahraga membantu membakar lemak jahat dalam darah untuk kesehatan jantung.
Lakukan olahraga demi kesehatan tubuh dengan teratur dan terukur. Soal jenis olahraga terserah, karena olahraga membantu membakar kolesterol jahat dalam darah.
Ada baiknya seorang yang dijangkiti kolesterol tinggi harus mengendalikan kadar kolesterolnya dengan teratur khususnya menyangkut pola makan. Berdasarkan Yayasan Dewan Informasi Pangan Internasional, kunci pola makan sehat adalah mengkombinasikan berbagai jenis bahan pakan untuk memperoleh semua kebutuhan zat gizi.

Sesuai dengan kebiasaan orang Indonesia saat bersantap makanan, komposisinya 50 - 60 persen sumber karbohidrat, 10 - 20 persen sumber protein, 20 - 30 persen sumber lemak, ditambah sayuran dan buah. Nah penyebab kadar kolesterol  menjadi tinggi tidak terkendali, adalah sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. " Betul sekali Mbak, apa yang Anda katakan itu, sebab saya ini hobi makan gorengan yang sering dijajakan pedagang di pinggir jalan, " kata Pak Wibowo tentang kolesterolnya yang tinggi.
Komposisi makanan sehat selain karbohidrat, protein, lemak tentu saja sayuran dan buah segar.
Komposisi makanan sehat selain karbohidrat, protein, lemak tentu saja sayuran dan buah segar.
Lalu saya sarankan agar kadar kolesterolnya bisa dikendalikan ke tingkat normal, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebab, lemak jenuh di dalam tubuh akan bertahan sebagai lemak atau kolesterol jahat. Lemak jenuh adalah lemak yang sulit diurai menjadi unsur-unsur lain.

Menurut Kesehatan Akhir Pekan dalam artikelnya, lemak jenuh jika masuk tubuh akan menyebabkan sumber radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Saat radikal bebas telah masuk tubuh ia akan melewati pembuluh darah, membuat lemak jahat melekat di dinding pembuluh darah. Akibatnya, menyebabkan kadar kolesterol meninggi yang ditandai dengan penimbunan lemak jahat.

Pembuluh darah yang tersumbat lemak jahat akan menghalangi aliran darah  ke jantung dan meningkatkan risiko jantung koroner. Tentu saja agar lemak jahat tidak menimbun di dinding pembuluh darah, pakar kesehatan olahraga sangat menganjurkan, setiap orang harus mau bergerak aktif yaitu olahraga apa pun jenisnya.
Minuman mengandung antioksidan, Salah satunya susu yang memiliki nutrisi kalsium plus.
Minuman mengandung antioksidan, salah satunya susu yang memiliki nutrisi kalsium plus. Membuat tubuh tetap fit dan sehat sepanjang hari.
Karena dengan olahraga teratur seminggu empat kali dengan durasi 30 hingga 45 menit sudah bagus untuk membakar lemak jahat yang ada dalam pembuluh darah. Pembakaran lemak jahat dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat saat melangsungkan olahraga. Jadi kadar kolesterol tinggi telah menjadi masalah kesehatan bagi banyak orang tanpa mengenal usia.

Selain gejala kolesterol tinggi, penduduk kota besar juga rawan terkena paparan polusi udara kotor bersumber dari knalpot kendaraan bermotor. Ditambah polusi asap cerobong pabrik yang terus menerus mengeluarkan asap hitam, membuat udara di sekitarnya menjadi kotor. Belum lagi kemacetan lalu lintas membuat stres pengguna kendaraan, membuat kadar kolesterol ikut-ikutan naik.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.