ON LINE

Followers

MANFAAT GERAKAN TAI CHI BAGI PENDERITA STROKE.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Jumat, 29 Maret 2013

Barangkali anda penggemar film Mandarin tentu sudah tidak asing lagi dengan olahraga bela diri Tai Chi yang sering mempertontonkan jurus Tai Chi dalam menyelesaikan pertarungan dalam menghadapi musuh. Namun, Tai Chi kali ini bukan untuk melemahkan lawan agar segera kalah dalam pertandingan, justru ditujukan bagi orang sehat untuk memproteksi dirinya dari ancaman stroke.  Jurus yang dipakai adalah tetap sehat dari ancaman stroke dengan mendayagunakan kemampuan Tai Chi.

Pada umumnya setelah seseorang terkena serangan stroke, penderita akan memiliki masalah keseimbangan. Gangguan bisa dipicu oleh berkurangnya fungsi penglihatan. Lalu tidak bekerjanya alat keseimbangan fisik pada satu sisi tubuh penderita.

Akibatnya risiko jatuh penderita stroke tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang masih waras alias sehat. Ini merujuk pada penelitian yang dipimpin asisten profesor Akademi Keperawatan, Universitas Arizona di Tucson, Amerika Serikat, Ruth Taylor-Piliae. Hasil penelitian menunjukkan, tai chi mampu mengembalikan keseimbangan tubuh penderita stroke.
Taichi merupakan satu jenis seni bela diri yang berasal dari negeri China. Berbeda dengan jenis bela diri lainnya, Taichi justru menonjolkan unsur kelembutan, gerakannya mengalir seperti air, luwes, dan lunak seperti kapas. Awam melihatnya seperti tarian yang indah yang gerakannya lambat, namun di balik itu semua Taichi ternyata mengandung tenaga tersembunyi, bahkan mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.
Taichi merupakan satu jenis seni bela diri yang berasal dari negeri China. Berbeda dengan jenis bela diri lainnya, Taichi justru menonjolkan unsur kelembutan, gerakannya mengalir seperti air, luwes, dan lunak seperti kapas.
Hal ini disampaikan dalam Konferensi Stroke Internasional 2013 di Honolulu, AS, Rabu ( 6/2 ). Penelitian ini melibatkan 89 penderita stroke dengan umur rata-rata 70 tahun dan minimal tiga tahun menderita stroke. Hasilnya, lewat latihan tai chi berkesinambungan, mengurangi risiko jatuh hingga sepertiga dibandingkan dengan mereka yang mengikuti latihan silversneaker yang fokus pada peningkatan kekuatan otot melalui berbagai gerakan.

" Gerakan tai chi yang lambat, lembut dan menggerakkan seluruh tubuh membantu penderita stroke memiliki pijakan kaki yang mantap. Hasilnya, mereka mampu mengembalikan kekuatan otot kaki, " kata Taylor-Piliae seperti dikutip My Health News Daily, Jumat ( 8/2 ). Bagaimana pun gerakan tai chi yang lembut dan anggun mempunyai kekuatan untuk pertahanan diri dari ancaman musuh saat diserang dan dalam kondisi sakit, bisa mengurangi risiko jatuh penderita stroke.

Orang awam  melihat gerakan Tai Chi seperti tarian yang indah dimana gerakannya lambat. Namun di balik itu semua Taichi ternyata mengandung tenaga tersembunyi. Jika diolah dengan baik, maka gerakan Tai Chi mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit.

Sumber : My Healthy News Daily/MZW.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.