ON LINE

Followers

GETUK KETHEK KAS SALATIGA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Selasa, 23 Maret 2010

Kota Salatiga yang berada di tengah ruas jalan raya antara Semarang-Solo memang mempunyai wisata kuliner berbau unik. Bagaimana tidak unik...di kota ini ada makanan gethuk tapi mempunyai nama khas binatang yaitu Kethek. Penyebutan nama binatang untuk nama sebuah produk makanan bukan berarti ingin melecehkan nama makanan itu tetapi hanya sekedar untuk pembeda saja dari jenis makanan singkong yang sudah ada dan di daerah lainnya menyebutnya dengan Gethuk. Dan di Salatiga inilah nama gethuk itu ditambah dengan kata "kethek" sehingga menjadi Gethuk Kethek.



Hermansyah seorang sahabat sehat dengan kundalini reiki dari Televisi Jawa Tengah yang baru-baru ini berkunjung ke pabrik gethuk tadi, mewartakan lewat streaming via FTP Internet, bahwa gethuk kethek adalah oleh-oleh khas Salatiga. Nama Kethek sengaja dipakai sebagai penanda untuk membedakan dengan pengrajin gethuk lainnya yang ada di kota ini.




Getuk Kethek juga terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk halus. Cara penyajian bisa ditaburi parutan kelapa dan gula pasir.

Getuk Lindri sebuah nama Getuk yang cukup terkenal disajikan sebagai camilan di sore hari.


Gethuk Kethek sebenarnya hanya sebuah nama saja tidak lebih. Pemberian nama ini hanya sebagai penanda bahwa Gethuk Kethek tetap sama dengan rasa Gethuk lainnya yang sudah terlanjur ada dan diperjualbelikan di kota ini. Penjual Gethuk Kethek dapat kita jumpai di Jalan Argo Tunggal pertigaan ABC Salatiga, tepatnya beberapa meter dari Jalan Jenderal Sudirman.



Agar pembeli tidak kehabisan disarankan memesan lebih dulu. Mengingat proses pembuatan gethuk hanya dilakukan di pagi dan sore hari dengan jumlah terbatas, maka kepada pembeli dapat memesan sehari sebelum gethuk dibuat. Gethuk yang diproduksi terbuat dari singkong rebus yang ditumbuk secara terpisah hingga halus. Tumbukan halus singkong rebus itu lalu dibentuk menjadi bola besar dan diisikan pada cetakan kotak. Sedikit demi sedikit adonan halus singkong rebus ini memenuhi kotak cetakan.




Singkong rebus halus warna kuning diolah menjadi getuk ditaburi parutan kelapa.

Getuk lindri keju dengan tampilan warna coklat-merah muda sungguh menggugah selera.

Gethuk yang telah dicetak lalu dikeluarkan lalu dikemas. Satu bungkus gethuk isi 20 potong dijual seharga 7000 rupiah. Cukup murah bukan makanan khas ini? Kelebihan gethuk ini adalah rasanya yang manis gurih ditambah tekstur adonan yang membentuk gethuk cukup halus sehingga cukup hanya mengulum saja di mulut maka gethuk akan tandas masuk kerongkongan. Selama proses pembuatan gethuk kethek tidak menggunakan bahan pengawet karena memang dipersiapkan untuk sehari dikonsumsi lantas habis dimakan sehingga gethuk tidak perlu disimpan di lemari pendingin.



Gethuk Kethek apa pun sebutannya sama juga dengan Anda menyebut Gethuk Lindri yang sudah terlanjur populer namanya sejak dulu. Sahabat sahabat sehat dengan kundalini reiki yang kebetulan melintas di kota ini, tidak ada salahnya mencoba makanan khas kota Salatiga dan rasakan gethuk monyet....eeh bukan....maksudnya gethuk kethek sambil menyantap pecel lele di Pemandian Air Bersih Sendang Senjoyo. Samar-samar kita akan mendengar suara Nur Afni Oktavia melantunkan sepenggal lirik seputar Getuk, " Getuk asale soko telo moto ngantuk tandane arep ngopo ?"

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.