ON LINE

Followers

PAK SRIE SAHABAT DAN TETANGGAKU

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 04 Maret 2010

Bunyi dentingan pipa besi yang dipukul sebanyak 2 kali ke tiang listrik menandakan waktu telah menunjukkan pukul 2 dini hari. Dentingan pipa besi yang memantul di kesunyian malam telah membangunkan sehat dengan kundalini reiki 3 minggu lalu. Pukulan besi ke tiang listrik yang dilakukan penjaga malam itu seolah-olah juga ikut membangunkan penghuni kampung lainnya dalam sunyinya malam di desa. Apalagi bila malam itu jatuh di bulan Suci Ramadhan pasti lalu diikuti dengan teriakan "saur....saur....saur...saur" yang keluar dari mulut beliau sambil mengayuh sepeda ontelnya menyusuri gang-gang perkampungan tempat kami tinggal.



Malam ini kami semua sudah tidak lagi bisa mendengarkan teriakan beliau. Pagi tadi saat sehat dengan kundalini reiki tengah olahraga jalan kaki pagi menyusuri perkampungan desa beliau dilarikan ke rumah sakit. Dalam perawatan dokter selama 3 jam, jiwa beliau sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Beliau telah menghadap Sang Khalik dengan tenang meninggalkan kita semua. Tepat jam 11 siang pengeras suara di Masjid mengumumkan kepergian beliau selama-lamanya ke alam baka, alam kekal tempat kita semua nanti pasti ke sana.



Beliau....senior kami di lingkungan tempat tinggal begitu bersahaja hidupnya. Tidak neko-neko, cepat tanggap terhadap sekitar dan ringan tangan memberikan pertolongan kepada siapa pun termasuk kepada putera kami saat tengah saya tinggal ke luar kota 10 bulan lalu. Malam itu putera kami tengah kena gangguan yang tidak wajar sewaktu saya tinggal ke luar kota. Pak Srie..... begitu biasa kami memanggil beliau, lalu datang ke rumah ditemani tetangga sebelah. Dia datang tergopoh-gopoh meninggalkan pos kamling tempat dia berjaga setiap malam. Bersama tetangga lain beliau mengusahakan kesembuhan dari gangguan tidak wajar terhadap putera kami.



Akhirnya menjelang dini hari gangguan tidak wajar ini bisa dienyahkan. Bahkan beliau mengatakan kepada saya pikiran kosong, kalut dan sering melamun menjadikan unsur halus yang tidak tampak dan bersifat negative akan mudah masuk ke badan seseorang. Karena itu sebaiknya orang harus selalu menjaga pikiran tidak melamun kemana-mana dan banyak berdoa. Itulah sekilas ingatan saya terhadap nasehat beliau ketika saya telah tiba di rumah kembali.



Pak Sri memang jago memainkan instrumen gamelan. Di samping itu beliau pun fasih melagukan gending-gending Jawa. Kenangan lain terhadap Pak Sri adalah saat bersama rombongan Karawitan di Lemigas Kebayoran Lama tempat beliau bekerja mengadakan rekaman gending-gending Jawa untuk siaran televisi di bulan Maret 1999. Berhubung waranggono pria sedang sakit, mendadak pimpinan rombongan mendaulat Pak Sri untuk mau tampil menggantikan peran beliau. Sedikit grogi beliau menerima tawaran itu dan langsung memakai busana Jawa Beskap dan Blangkon lengkap dengan sebilah keris terselip di pinggang. Rekaman gambar pun dimulai. Tampaknya beliau begitu fasih melantunkan lirik tembang Jawa dan lancar mengikuti lipsinck dari audio yang diputar ulang. Rekaman gambar dan suara hari itu dapat diselesaikan dengan baik tanpa re-take yang berulang-ulang.



Kegembiraan beliau pun bertambah manakala hasil rekaman siap siar tanpa diedit lagi itu saya transfer ke CD dan saya haturkan ke beliau beberapa hari berikutnya. Tanpa dinyana setelah saya putar ulang hasil rekaman di ruang editing, akting Pak Sri begitu wajar dalam adegan rekaman itu. Beliau memang fasih menyanyikan Gending-gending Jawa karya Ki Narto Sabdo. Karena itu sebagai bentuk terima kasih beliau siap membantu bila saya sedang tidak ada di rumah. Minimal mau mengawasi rumah bila saya sedang ke luar kota.



Pertemuan terakhir saya dengan beliau kurang lebih 40 hari lalu saat menghadiri syukuran pernikahan anak tetangga di balai pertemuan warga. Di siang hari yang panas itu beliau masih mengingat CD hasil rekaman Gending-gending Jawa 11 tahun lalu dan masih menyimpannya dengan baik. "CD gending-gending Jawa itu jadi klangenanku," katanya sambil mempersilahkan sehat dengan kundalini reiki mencicipi hidangan yang tersedia di ruang makan.



Satu hal belum saya praktekkan kepada beliau adalah keinginan saya...sehat dengan kundalini reiki memberikan terapi reiki atas penyakit beliau yaitu insomnia yang sudah dialami sejak masih bujangan. Memang suatu kali ketika bertemu di acara sosial warga, beliau pernah mengeluh soal penyakitnya itu pada saya. Mendengar keluhan penyakitnya itu lalu saya tawarkan pada beliau apakah mau saya reiki? Beliau dengan santun menjawab singkat, "Nanti saja...lain waktu." Nah karena penyakit insomnia yang telah diidapnya begitu lama tidak kunjung sembuh, beliau pun pasrah dan mau menerima tawaran menjadi petugas keamanan yang berjaga di pos keamanan setelah masa baktinya di Lemigas selesai. Kurang lebih sudah 3 tahun ini beliau menjalankan tugasnya setiap malam. Hanya di malam Jumat saja beliau absen dan lebih banyak tafakur di rumah. Sebagai orang Jawa yang masih taat pada tradisi leluhur malam Jumat bagi beliau adalah malam istimewa untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.



Malam Jumat ini beliau memang sudah tidak bersama kita lagi. Beliau sudah memenuhi janjinya untuk pulang ke hadirat Illahi. Sore tadi di pemakaman desa jasad beliau sudah dikebumikan dalam cuaca mendung diantarkan oleh tetangga, rekan-rekan paguyuban gending-gending Jawa dan handai taulan serta kerabat. Penyakit insomnia sudah tidak dirasakan lagi oleh beliau. Beliau kini sudah bisa tidur panjang. Selamat jalan Pak Srie...semoga amal baktimu, kebajikan yang telah engkau tanam kepada sesama diterima oleh Allah SWT. Kami ikut menghantar kepergianmu dengan iringan doa semoga Engkau mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya dalam tidur panjang yang tenang ini.

1 Responses to PAK SRIE SAHABAT DAN TETANGGAKU

  1. pertamaX.....
    smoga pak Srie.. makin mantab pertahanan tubuhnya....

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.