ON LINE

Followers

BARANG JARAHAN PASKA GEMPA CHILI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 11 Maret 2010

Paska gempa Chili sejumlah ruas jalan utama di kota Conception dipenuhi barang-barang perabotan rumah tangga setelah polisi mengancam akan memenjarakan para penjarah. Sebagian warga mengecam Presiden Chili Michelle Bachelet yang tidak mengerahkan personel militer untuk mencegah terjadinya aksi penjarahan paska gempa.



Menyusul ancaman aparat penegak hukum Chile yang akan memenjarakan para pelaku penjarahan, sejumlah ruas jalan utama kota Conception Chili dipenuhi dengan barang-barang perabotan rumah tangga. Perabotan rumah tangga seperti pesawat televisi, sofa, lemari pendingin serta AC ditinggalkan begitu saja di jalan raya oleh para penjarah. Mereka ketakutan dengan ancaman polisi yang akan menangkap dan memenjarakan paska gempa bumi Chili.


Warga menjarah toko yang roboh dihantam gempa Chili. Karena kelaparan banyak warga menjadi penjarah.

Sejauh ini polisi masih menyelidiki nama-nama yang diduga terlibat dalam aksi penjarahan, setelah ratusan warga melaporkan mengenai hilangnya barang-barang milik mereka setelah rumah ditinggalkan karena sibuk mengungsi. Presiden Chili Michele Bachelet menegaskan para perampok tidak akan luput dari ancaman hukuman atas aksi penjarahan yang mereka lakukan.



Kendati barang-barang tersebut sudah dikembalikan, namun polisi tetap akan menuntut para penjarah yang tertangkap. Aksi penjarahan marak terjadi di Chili beberapa hari paska terjadinya gempa hebat berkekuatan 8 koma 8 pada Skala Richter. Sebagian warga mengeluhkan lambannya tindakan pemerintah yang tidak mengerahkan personel militer untuk mencegah terjadinya aksi penjarahan terhadap rumah penduduk yang ditinggal mengungsi.


Tentara menangkap penjarah setelah ketahuan membawa barang keluar dari supermarket.

Di wilayah Concepcion, para penduduk yang kelaparan dan putus asa menyusuri jalan-jalan mencari air dan makanan. Sementara di perbatasan kota itu para penduduknya mempersiapkan diri dengan membentuk barikade dan menutup jalan, guna mencegah orang asing yang masuk.

Bachelet mengecam aksi penjarahan dan pembakaran atas pusat perbelanjaan, ia mengatakan hal tersebut tidak bisa ditolerir. "Kami memahami atas kesulitan yang terjadi, tapi apa yang terjadi adalah tindakan kriminil yang tak bisa ditolerir," ujarnya.

Saat ini para tentara tengah membagikan makanan dan minuman ke wilayah yang terkena dampak paling parah di Maule dan wilayah sungai Bio-Bio.



Sumber : World Reuters.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.