ON LINE

Followers

WILAYAH TERPENCIL KORIDOR WAKHAN.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Kamis, 06 Juni 2013

Koridor Wakhan sebuah wilayah yang panjang dan sempit di timur laut Afganistan, adalah wilayah yang paling terpencil dan paling tidak ramah di dunia. Dengan Tajikistan di utara, China di timur dan Pakistan di selatan, wilayah sepanjang 322 kilometer ini pernah menjadi bagian Jalur Sutera. Disebut Jalur Sutera karena merupakan jalur penjelajahan Marco Polo ke dunia timur.

Koridor Wakhan kini merupakan wilayah kaum pengembara ( nomad ) Kirgis. Sekitar 1.100  pengembara berpindah-pindah tempat di wilayah ini dengan berkendaraan yak atau kuda. Menurut situs Geo Weeks, wilayah ini tak mempunyai jalan hanya puncak-puncak gunung,  perbukitan dan gletser.
Penjelajah alam bebas saat melintas di celah bukit Wakhan.
Penjelajah alam bebas saat melintas di celah bukit dari koridor Wakhan.
Kaum nomad Kirgis di Afganistan hidup di lokasi permai, sekaligus neraka.
Pengembara Kaum nomad Kirgis di Afganistan hidup di lokasi permai, sekaligus berbahaya karena pergolakan yang tak kunjung selesai.
Ketinggian wilayah ini sekitar 4.270 meter di atas permukaan laut. Suhu wilayah ini berada di bawah titik beku sepanjang tahun, kecuali untuk tiga pekan. Bukan karena persoalan topografi dan cuaca saja yang membuat Koridor Wakhan begitu terpencil sehingga terkesan terkucil dari peradaban manusia.

Sudah sejak lama Koridor Wakhan dianggap sebagai daerah tak bertuan secara geografis politis. Di bawah sejumlah kesepakatan antara Inggris dan Rusia pada tahun 1880-an koridor ini dirancang untuk menjadi zona penyangga antara Rusia dan India. Namun, saat ini wilayah tersebut menjadi salah satu titik panas  di negara paling bergolak di dunia.

Sumber : Geo Weeks/Foto oleh MATTHIEU PALEY.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.