ON LINE

Followers

SENANG BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Rabu, 19 Juni 2013

Jika ada kesempatan  ke daerah lagi, sebenarnya saya senang sekali mengunjungi pasar tradisional, apalagi kalau pasar tradisional itu ada di pedesaan. Selain mengenal dekat  transaksi jual beli di pasar tradisional yang masih guyup sesama pedagang dan pembeli, pasar tradisional juga meninggalkan kesan mendalam bagi warga pendatang yang baru pertama kali berkunjung ke daerah itu.  Sekalipun bentuk fisik bangunan pasar tradisional cukup sederhana, justru dengan kebersahajaan itu lah pasar tradisional memiliki keunggulan khas masyarakat tradisional Indonesia.

Saat berada di pasar tradisional sejatinya kita bisa melihat tawar menawar, sapaan yang akrab dan obrolan hangat sesama pedagang jika tidak sedang melayani pembeli. Misalnya, obrolan tentang siapa calon gubernur DKI mendatang jika Jokowi sudah tidak jadi gubernur lagi.  Atau saat  sedang melepaskan lelah, ada pedagang yang mendengarkan siaran sandiwara radio Serial Saur Sepuh yang pernah akrab di era tahun 1980 - an.

Karena bangunan khas pasar tradisional di daerah umumnya terdiri atas  los, kios atau gerai  yang dibuka saat pasar sedang berbenah, tentu saja faktor kebersihan pasar harus terus dijaga oleh masing-masing penjual yang mendiami kios tersebut. Kebersihan pasar harus tetap terjaga jika tidak ingin keberadaan pasar tradisional tetap ada, melawan gempuran pasar modern alias pasar mini market yang saat ini sudah merambah ke daerah pedesaan. Tidak sedikit mini market berdiri tidak jauh dari pasar tradisional dan menjadi pesaing pasar tradisional yang sudah lama berdiri di lokasi itu.

Saat ini kita sering melihat pasar modern buka sampai malam hari, bahkan jam bukanya pun sampai subuh. Sedangkan pasar tradisional umumnya buka dari pagi hingga siang hari. Selepas siang hari, pasar sudah sepi hanya satu dua kios yang masih buka melayani pembeli eceran.
Lokasi pedagang di pasar tradisional terkadang memenuhi jalan di depan los tempat orang lewat. Suasana pasar tradisional yang guyup, pembeli bisa menawar barang yang dijual.
Lokasi pedagang di pasar tradisional terkadang memenuhi jalan di depan los tempat orang lewat. Suasana pasar tradisional yang guyup, pembeli bisa menawar barang yang dijual.
Di pasar tradisional umumnya pedagang menjual kebutuhan sehari-hari seperti sayur, daging, beras, minyak, sabun, telur  juga pakaian.  Harga yang tercantum pada barang yang dijual tidak dicantumkan , sedangkan di pasar modern, harga dicantumkan menempel lekat pada pembungkus barang dagangan. Pembeli bisa memilih sendiri barang yang diinginkan dan pembeli boleh menawar, jika harga cocok langsung bayar ke mbakyu penjualnya,  sementara di pasar modern pembeli bisa memilih barang dengan bebas dan membayar di kasir setelahnya.

Mempertahankan suasana pasar tradisional agar tidak ikut-ikutan meniru pasar modern, bisa dilakukan asalkan memenuhi aspek kebersihan dan keamanan pengunjung saat bertransaksi di pasar tradisional. Misalnya, faktor kebersihan dan kenyamanan pengunjung harus dijaga dengan baik oleh pihak pedagang dan keamanan pasar tradisional.  Dengan kata lain pasar tradisional harus membuang jauh citra jorok, kumuh dan muncul bau tidak sedap di lokasi pasar dan menjaga kondisi pasar tetap bersih dan aman bagi pengunjung.

Jika faktor keamanan dan kenyamanan saat berbelanja di pasar tradisional terus terjaga, maka diharapkan pengunjung mau berbelanja lagi ke pasar tradisional. Setidaknya menghilangkan pikiran negatif pembeli, bahwa pasar tradisional tetap nyaman, aman dan tidak jorok sebagaimana sering digambarkan oleh orang yang kapok datang ke pasar tradisonal. Barangkali pengunjung pasar pernah kecopetan dan menjumpai sebagian kios tercium bau tidak sedap karena limbah pasar yang berceceran di areal kios daging dan sayuran yang mudah cepat busuk.
Los tempat pedagang berjualan terkadang saling berhadapan dengan penjual lainnya. Untuk itu, menjaga kebersihan agar pasar tetap nyaman dikunjungi perlu dilakuka
Los tempat pedagang berjualan terkadang saling berhadapan dengan penjual lainnya. Untuk itu, menjaga kebersihan agar pasar tetap nyaman dikunjungi perlu dilakukan masing-masing penjual.
Vendors in Paloquemao, Bogotá's second-largest fruit market. Vendor di Paloquemao, pasar buah terbesar kedua Bogotá.
Vendor di Paloquemao, pasar buah terbesar kedua Bogotá.
Los buah-buahan dimana pedagang tradisional Bogota menjajagan dagangnnya di dalam pasar.
Los buah-buahan dan sayur tempat pedagang tradisional  di Paloquemao, Bogota menjual dagangannya di dalam pasar.
Ingat bahwa jika kita berbelanja dan menempatkan diri sebagai konsumen, boleh jadi kita sedang berakting ala raja yang senang dilayani. Demikian juga halnya dengan pembeli yang datang ke pasar, ada ungkapan klasik bahwa konsumen adalah raja, maka penjual harus jujur terhadap barang yang dijualnya. Penjual di pasar tradisional harus mengatakan sejujurnya bahwa barang dagangannya masih segar, buah-buahan yang dijual tanpa bahan pengawet dan  harga tidak jauh berbeda dengan pasar modern.

Dengan mengatakan sejujurnya barang dagangan yang dijualnya, pembeli akan merasa tersanjung, dilayani dengan baik dan ramah dan pada akhirnya betah berlama-lama berbelanja. Selain betah berlama-lama di pasar tradisional boleh jadi suatu saat nanti, pembeli mau kembali berbelanja di pasar tradisional. Karena keberadaan pasar tradisional mudah ditemukan di berbagai pelosok daerah, sebaiknya pasar tradisional mampu menjaga citranya sebagai pasar yang guyup, aman, nyaman bagi pembeli dan tentu saja faktor kebersihan lokasi berjualan harus terus dijaga agar tumbuh menjadi pasar tradisional yang sehat.

Sumber Gambar Pasar Tradisional Bogota by : Google.

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.