ON LINE

Followers

JANGKRIK MENGERIK SUARANYA BAGAIKAN KONSER MUSIK ROCK.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 17 Juni 2013

Sangat menyenangkan jika kita tinggal di desa dengan suasana pemandangan indah.  Di sana kita  masih bisa melihat  sawah terbentang dimana masing-masing petak sawah dibatasi oleh galengan. Saat kaki menginjakkan galengan dengan retakan kering di sana-sini, akan tercium bau aroma tanah  sawah  saat terkena siraman air irigasi.

Ketika petani tengah mengisi petak sawahnya dengan air dari bendungan, kerbau sebagai partner kerja petani dibiarkan mencari makan di sepetak sawah kosong tak jauh dari lokasi pak tani bekerja. Kerja keras petani akhirnya terwujud dengan panen padi yang melimpah, sawah bebas dari serangan hama padi dan petani menjual padinya dengan harga wajar. Saat malam tiba keriuhan panen padi di siang hari digantikan dengan suara hening  khas pedesaan.

Saat itu  muncul suara serentak bagikan konser musik rok saling bersautan-sautan bagaikan ingin memecahkan keheningan malam pedesaan. Suara khas yang memekakkan telinga itu saling adu kuat suaranya, berasal dari areal tanah sawah yang habis dipanen tadi siang. Ketika didekati sumber suara yang keras tadi ternyata muncul dari kumpulan serangga kecil yang ada di lubang tanah galengan.
Jangkrik jantan ( kiri  ) sayapnya bergurit tidak rata dan mengerik cukup kencang. Sementara jangkrik betina ( kanan ) , sayapnya halus rata permukaannya.
Jangkrik jantan ( kiri ) sayapnya bergurit tidak rata dan mengerik cukup kencang. Sementara jangkrik betina ( kanan ) , sayapnya halus rata permukaannya.
Itulah suara khas serangga kecil yang disebut jangkrik dikenal sebagai pembuat suara bising. Serangga dengan bentuk unik ini tatkala mengeluarkan suara bising, cukup dengan menggesekkan kedua bulu sayapnya secara beruntun tanpa henti. Suara bising jangkrik baru berhenti jika ada suara mencurigakan datang mendekat, misalnya langkah kaki manusia yang tengah lewat di pematang sawah.

Serangga yang hidupnya mempunyai siklus unik dan rumit bertahan hidup hingga usia 17 tahun. Ketika menjadi dewasa  setelah hidup di bawah tanah selama 17 tahun, serangga jantan akan bernyanyi tanpa henti untuk mengisi sisa hidupnya yang tinggal beberapa hari lagi. Sepanjang waktu terbatas itulah, serangga-serangga itu berkencan, yang betina lalu bertelor di pohon-pohon yang mereka diami.

Setelah berkencan dengan jangkrik perempuan sepuas-puasnya, jangkrik jantan lalu mati. Tinggallah jangkrik betina menjaga telurnya di pohon hingga waktunya tiba untuk menetas. Ketika telur-telur itu menetas, larvanya jatuh ke tanah dan memperoleh makanan di akar-akar pohon sampai siklus biologisnya terjadi bertahun-tahun kemudian.
diagram-of-female-jangkrik
Ada jangkrik periodik yang muncul dalam siklus 13 tahun atau 17 tahun kemudian. Jangkrik periodik alias magicicada septendecim muncul di musim semi. Sementara jangkrik yang muncul setiap dua tahun ( tibicen canicularis ) akan muncul selama bulan Juli - Agustus.

Jangkrik jenis terakhir ini bahkan bisa muncul setiap tahun. Saat mengerik bersautan-sautan di tengah malam sunyi, suara yang dipancarkan dari gesekan bulu sayapnya bisa mencapai 120 desibel. Suara dengan kapasitas 120 desibel artinya sama dengan kerasnya suara bersumber dari konser musik rock.

Mereka menghasilkan suara sekencang itu dengan cara menggetarkan membran khusus yang ada di perutnya. Menurut situs Geo Week, satu dari 17 tahun pengeraman yang oleh para peneliti disebut sebagai Pengeraman 11 berlangsung di musim semi.  Di saat itu pohon-pohon dan tanah-tanah lapang di Amerika Serikat dari Connecticut sampai Carolina, akan dipenuhi serangga bersayap yang mengeluarkan suara bising saat gesekan sayapnya saling beradu kencang. 

( Geo Weeks ).

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.