ON LINE

Followers

TARSIER PRIMATA KECIL YANG LUCU.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 23 Juni 2013

Penemuan kerangka makhluk kecil yang tinggal di pohon, yang merupakan fosil tertua yang pernah ditemukan, menjelaskan bagaimana manusia dan makhluk primata berkembang. Archicebus achilles hidup 55  juta tahun lalu, atau ketika primata mulai bercabang. Kehadiran makhluk ini telah mengisi rantai yang hilang, yaitu antara anthropoid ( monyet, kera dan manusia ) dan makhluk kecil penghuni pohon ( nokturnal )  yang biasa disebut tarsier.

Tarsier atau Tarsius syrichta  adalah sejenis primata (sejenis monyet) yang terkecil di dunia dan bisa ditemukan di Filipina dan variasi speciesnya ditemukan juga di Sumatra, Borneo, Sulawesi (Indonesia). Matanya yang bulat lebar dan hidungnya yang lucu sangat menarik untuk dilihat sementara ukurannya yang kecil pas banget bila berada di genggaman tangan kita.
Ukuran rongga matanya hingga melebihi ukuran tempurung otak dan perutnya.
Ukuran rongga matanya hingga melebihi ukuran tempurung otak dan perutnya.
Jika Anda berkesempatan mengunjungi Filipina, hewan mungil lucu ini dapat Anda temukan pada malam hari di pulau Bohor, Samar, Mindanau, dan Leyte. Hewan mirip monyet ini memakan serangga yang sering keluar dari kayu bekas terbakar atau arang kayu.

Spesies tarsier sendiri dipercaya sudah ada sejak 55 juta tahun yang lalu. Ahli Biologi J. Petiver adalah orang yang pertama kali mempublikasikan hewan ini. Tidak seperti anggapan banyak orang, tarsier sebenarnya bukanlah monyet yang ukurannya paling kecil meski spesifikasinya mirip dengan spesies primata lainnya seperti lorise, lemur dan bushbaby.
Tangan dan kakinya mempunyai jari-jari yang mirip dengan manusia yang digunakannya untuk bertengger di pohon dan ekornya digunakan untuk keseimbangan.
Tangan dan kaki Tarsier mempunyai jari-jari yang mirip dengan manusia digunakan untuk bertengger di pohon dan ekornya digunakan untuk keseimbangan.
Perbedaannya terletak pada konfigurasi taksonomi dari kera pada umumnya dan Anda akan menemukan ciri-ciri yang mirip dengan antropoid. Spesies lainnya yang mirip dengan tarsier juga ditemukan di Borneo, Sumatra, Sulawesi (Indonesia) dan Madagascar dengan variasi ukuran dan bentuknya.

Sumber : Geo Weeks/unikarea.blogspot.com

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.