ON LINE

Followers

FULL MOON MENGGANTUNG DI LANGIT TANGERANG.

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 23 Juni 2013

Selesai  para jamaah mushola Al Mukmin melaksanakan pembacaan Surat Yasin dalam malam Nifsu Shaban, kami segera menyambungnya dengan sholat Isya berjamaah. Usai sholat Isya para jemaah pun bergegas pulang ke rumah masing-masing. Saat kaki  melangkah keluar mushola bersama ibu-ibu jemaah lainnya, pandangan mata tak kami lewatkan menatap langit cerah di ufuk timur.

Di langit Tangerang yang cerah malam ini, tak ada saputan awan bergelayut di angkasa, bulan purnama penuh menggantung di langit. Tampak bulan purnama penuh bagaikan dewi malam sedang tersenyum kepada penduduk bumi. Memang minggu malam 23 Juni 2013 ini fenomena alam yang luar biasa indahnya terhidang di langit sebelah timur.

Malam ini  terang bulan dan orang menyebutnya dengan fullmoon. Apa itu fullmoon?  Supermoon atau purnama penuh merupakan masa di mana bulan tampak dalam kondisi paling besar dan semakin terang seiring merambatnya malam.

Purnama penuh malam ini bahkan disebut-sebut sebagai purnama terbesar di tahun 2013. Karena itu menjadi kebiasaan kami sewaktu kecil dulu, selalu bermain di halaman rumah yang luas sambil mengamati pergerakan bulan ke arah ufuk barat. Sungguh sayang kalau malam ini kita lewatkan begitu saja.
Bayangan sinar bulan purnama saat jatuh di permukaan air laut yang tenang.
Bayangan sinar bulan purnama saat jatuh di permukaan air laut yang tenang.
Keindahan bulan purnama sudah sering diungkapkan dalam syair lagu bernuansa cinta.
Keindahan bulan purnama  sering diungkapkan dalam syair lagu bernuansa cinta.
Ahli astronomi mengatakan,  bulan akan tiba pada posisi terdekat dengan Bumi untuk tahun ini, yaitu pada jarak 221.801 mil atau sekitar 356.954 Km. Meski kondisi terpenuh bulan terjadi tengah malam, para pengamat langit mengungkap bahwa waktu terbaik untuk melihatnya adalah saat malam belum terlalu larut atau sesaat setelah bulan muncul. Para penikmat langit bahkan menilai pemandangan terbaik adalah jika bulan tampak sedikit tertutup obyek.

Misalnya bulan yang tampak di sebelah gedung pencakar langit karena bulan jadi terlihat jauh lebih besar.  Supermoon itu istilah astrologi. Istilah astronomi atas peristiwa ini disebut  purnama terdekat. "  Terjadi malam Senin (waktu Indonesia) 23-24 Juni, ” ujar Thomas Djamaluddin, peneliti utama astronomi LAPAN.
Menurut Thomas, seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena ini. Meski akan memicu gelombang pasang, namun tidak ada dampak signifikan atas terjadinya purnama terdekat ini. Karena fenomena alam ini sungguh indah untuk begitu saja kita lewatkan, hanya rasa syukur patut kita panjatkan kepada pemilik alam, Maha Besar Allah atas segala Ciptaan-NYA.

Sumber : ( LINGGA POS )

0 komentar

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.