ON LINE

Followers

BANJIR DI GROBOGAN DAN PATI

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Minggu, 31 Januari 2010

Hujan deras yang sekarang ini sedang melanda wilayah Jawa Tengah bagian Timur mengakibatkan meluapnya Sungai Lusi. Sedikitnya sepuluh rumah di Desa Kuripan, Kecamatan Purwodadi Kota, Kabupaten Grobogan terendam banjir. Warga mengharapkan hujan segera berhenti agar ketinggian air yang telah mencapai lutut orang dewasa tidak bertambah tinggi.




Akibat hujan deras turun dalam minggu ini yang terus mengguyur Grobogan Rabu malam, telah mengakibatkan banjir di sejumlah tempat. Di desa Kuripan sendiri menurut penuturan warga, Suntoro mengatakan banjir diakibatkan meluapnya Sungai Lusi yang melintas di dekat perkampungan mereka. Meskipun bosan dengan banjir yang senantiasa merendam perkampungan mereka setiap kali musim penghujan, warga hanya bisa pasrah karena tidak punya pilihan lain untuk pindah tempat dan usaha.




Elevasi Sungai Lusi sendiri saat ini mencapai 90,25 meter. Meningkatnya elevasi ketinggian air diakibatkan tingginya curah hujan yang turun di Grobogan beberapa hari ini. Jika hujan terus mengguyur warga mengkawatirkan banjir akan semakin tinggi merendam perkampungan mereka. Untuk itu warga berharap agar hujan tidak turun terus menerus di wilayah Grobogan. Mengingat buruknya drainase yang menjadi faktor terjadinya banjir, warga hanya berharap pemerintah segera memperbaiki drainase aliran Sungai Lusi.





Banjir selalu membuat anak riang gembira bermain air. Kapan lagi bisa berperahu masuk desa?



Sebaliknya hujan lebat yang tengah melanda wilayah Pati mengakibatkan sebagian wilayah Desa Banjarsari, Gabus Pati kembali tergenang banjir. Akibat adanya genangan air, sejumlah siswa sekolah terpaksa naik perahu untuk mencapai lokasi sekolah mereka. Beginilah perjuangan anak-anak sekolah di wilayah ini untuk tetap belajar kendatipun desa mereka sedang terendam banjir.




Agar kedatangan anak tidak terlambat di sekolahan dalam kondisi tidak basah kena air banjir, mereka harus menumpang perahu untuk mencapai gedung sekolah. Beberapa siswa ada yang diantar kedua orang tuanya, tapi ada juga yang ikut menumpang perahu warga yang hilir mudik masuk keluar perkampungan . Perjalanan perahu menyusuri jalan desa, tegalan, persawahan dan ladang tebu yang sudah menjadi lautan air menuju sekolah, laksana berperahu di hamparan air danau. Keceriaan tampak terlukis di wajah anak-anak ini seakan-akan tidak sedang menghadapi kesusahan akibat rumah mereka sedang kebanjiran.





Akibat tingginya curah hujan, sungai meluap banjir pun datang masuk kampung.



Karena letak sekolah mereka cukup jauh maka para siswa ini harus berangkat sekolah lebih awal agar tidak ketinggalan pelajaran di sekolah. Salah seorang siswi SMP Negeri 2 Gabus, Ulfah Dwi Laksmi mengaku banjir yang terjadi saat ini sungguh menghalangi akses jalan menuju ke sekolahnya. Akibatnya masih ada siswa yang datang terlambat di sekolah dan pihak sekolah sendiri cukup memaklumi kondisi para siswanya.




Sebelum banjir yang terjadi Rabu 27/01/2010 kemaren, sebenarnya genangan air yang melanda wilayah desa Banjarsari selama dua pekan terakhir sempat surut drastis. Namun hujan kembali turun dengan lebatnya dalam dua hari terakhir kembali membuat wilayah desa ini terendam banjir.

Sehat dengan kundalini reiki bersama kerabat kerja menulis dari Pati Jawa Tengah.


Senyum sumingrah seorang ibu sambil bersenandung naik itu perahu.

1 Responses to BANJIR DI GROBOGAN DAN PATI

  1. Banjir sepertinya sudah jadi problem klasik di negara ini, teman. Saya sendiri pernah ngerasainnya thn 2006. Kotaku dilanda banjir besar yg belum pernah ampek segitunya. Terpaksa deh harus ngungsi selama seminggu.

    BTW, rumah mayaku ultah yang pertama neh. Ditunggu lo koment na di artikel ultah setahun sudah.

    salam kreatifitas 'n keep intouch

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.