ON LINE

Followers

HIDUP SEHAT DENGAN PUASA

Diposting oleh BLOG SEHAT ALAMI Senin, 04 Januari 2010

Jumpa kembali bersama sehat dengan kundalini reiki. Postingan kemaren disinggung masalah detoksifikasi dan pengaruhnya terhadap tubuh utamanya saat menjalankan puasa, kini lanjutan gaya hidup sehat dengan kundalini reiki memperjelas peranan puasa bagi kesehatan tubuh. "Berpuasalah kamu niscaya sehat", demikian Hadis Nabi Muhammad SAW kepada umatnya agar dengan puasa umatnya menjadi manusia takwa dan sehat jasmani dan ruhani. Puasa sendiri sebenarnya telah diperintahkan Tuhan kepada umat-umat terdahulu sebelum Islam datang kepada orang beriman.


Seruan puasa memang penting bukan saja memenuhi kewajiban agama melainkan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Manfaat puasa selain menurunkan gula darah, mencegah stroke juga terbukti memperpanjang usia dimana pelakunya dapat hidup sehat sampai usia senja tanpa sakit-sakitan. Hasil penelitian mutakhir membuktikan bahwa puasa merupakan salah satu unsur gaya hidup sehat. Bila ditelaah lebih jauh tentang makna puasa, tak pelak lagi puasa merupakan salah satu kebutuhan dasar hidup manusia beriman. Jadi bila orang tidak pernah menjalankan puasa, ia akan rugi.


Menunggu bedug maghrib tiba.

Tentunya sahabat sehat bersama kundalini reiki telah mengerti makna puasa yang secara harafiah bermakna pantang atau membatasi terhadap keinginan sesuatu sekali pun itu halal. Dalam ajaran Islam puasa merupakan salah satu rukun Islam yang memerintahkan berpantang pada makanan, minuman dan senggama di waktu siang hari dengan niat semata untuk ibadah kepada Tuhan, sejak imsak yang dingin di pagi hari hingga tiba waktu mahgrib di petang hari selama kurang lebih 13 jam. Jadi puasa adalah pengendalian diri dari hal yang dilarang agama.


Islam sendiri melarang umatnya berpuasa terus menerus tanpa makan saur dan buka selama beberapa hari terus menerus karena hal ini akan merusak kesehatan tubuh. Islam juga mengharamkan segala tindakan yang dapat menimbulkan kerusakan amal ibadah puasa. Karena itu puasa di samping ibadah dapat kita petik hikmah puasa bagi kesehatan tubuh dan jiwa yang mana pelakunya akan menjadi manusia takwa, santun, manusiawi dan penuh tepo seliro kepada orang yang menderita dan memerlukan pertolongan.


Kembali kepada gaya hidup sehat karena puasa, suatu gaya hidup disebut sehat bila memenuhi kriteria dapat memperpanjang umur dalam keadaan sehat, memelihara daya tahan tubuh tetap prima, menambah kebugaran, menunda dan menghambat munculnya berbagai penyakit degeneratif dan meringankan berbagai penyakit terkait gizi. Menurut sehat awet muda dari makan tempe hingga terapi doa menyebutkan manfaat puasa terhadap status gizi dan kesehatan umumnya didasarkan pada hasil penelitian menggunakan hewan percobaan di mana hasil penelitian tadi dapat diterapkan pada manusia.


Mari sahabat sehat bersama kundalini reiki ajak merenung sejenak saat kita semua berpuasa. Di luar bulan Ramadhan biasanya kita makan tiga kali sehari, namun saat menjalankan ibadah puasa kita hanya makan dua kali sehari semalam yaitu saat makan saur dan berbuka puasa. Begitu pula camilan yang biasa kita comot dari meja makan lebih sedikit dari biasanya. Nah pada saat berpuasa ada pengurangan masukan energi 20-30 persen dari normal. Ciri-ciri fisik yang dapat kita perhatikan adalah berat badan berkurang di akhir bulan puasa.


Lalu pengurangan energi sebanyak 30-50 persen atau konsumsi energi 50-80 persen dari normal pada hewan percobaan, ternyata dapat memperpanjang umur 33-60 persen dari usia normal pada tikus. Tentunya dengan catatan asupan zat gizi dan energi harus tetap seimbang. Hasil penelitian tentang perkembangan tumor dan rentang usia pada tikus percobaan menunjukkan bahwa konsumsi energi sekitar 80 persen dari normal atau setara puasa dapat menurunkan terjadinya tumor serta tercapainya umur lebih panjang.


Puasa ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mekanismenya bahwa pengurangan konsumsi kalori akan berdampak pada menurunnya laju metabolisme energi. Hal ini dapat kita rasakan ketika tengan berpuasa suhu tubuh turun. Ini menunjukkan terjadi pengurangan konsumsi oksigen. Manfaat lain bagi tubuh saat puasa adalah mengurangi produksi senyawa oksigen yang bersifat racun (radikal bebas oksigen). Dilaporkan sekitar 3 persen dari oksigen yang digunakan sel akan menghasilkan radikal bebas oksigen. Hal ini akan menambah tumpukan oksigen racun seperti anion superoksida (O2-) dan hidrogen peroksida (H2O2) yang secara alamiah terjadi.


Kelebihan radikal bebas oksigen akan mengurangi aktivitas kerja enzim menyebabkan terjadinya mutasi dan kerusakan dinding-dinding sel. Dilaporkan pula lebih dari 50 macam penyakit degeneratif dicetuskan dan diperparah oleh senyawa radikal bebas. Dengan kata lain boleh disebut puasa berarti meningkatkan daya tahan tubuh. Puasa juga mengurangi risiko terkena penyakit dabetes Tipe 2, penyakit jantung koroner dan stroke.


Puasa ternyata dapat memperbaiki kolesterol darah. Dilaporkan puasa dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) di 25 titik dan menurunkan lemak trigliserol sekitar 20 titik. Trigliserol merupakan bahan pembentuk kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selanjutnya puasa bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah ke tingkat normal. Jadi bila sehat bersama kundalini reiki dan Anda berpuasa dengan cara benar, berarti kita telah sadar puasa ternyata mengurangi risiko terkena penyakit jantung atau terserang stroke. Kunci dari ini semua adalah gaya hidup sehat, menjaga makanan dan minuman dalam kondisi higienis, berpikiran positip jangan gampang stress dan memasrahkan semua hal kepada Tuhan dalam doa. Anda ingin sehat dan panjang usia...jadi rajin-rajinlah berpuasa.

Sumber : Hidup Awet Muda dari Makan Tempe sampai Terapi Doa (disunting)

1 Responses to HIDUP SEHAT DENGAN PUASA

  1. Sohra Rusdi Says:
  2. memang puasa menyehatkan ketika ramadhan maag saya nggak pernah kambuh

     

Posting Komentar

SOFTWARE PSR.

ARUMSEKAR ON FACE BOOK.

REIKI LIKE

KOTA DAN NEGARA

STATISTIK ALEXA

About Me

Foto saya
Saya adalah manusia biasa seperti Anda juga yang sama-sama mengarungi hidup ini dengan menjalin tali persahabatan.Masih ingin belajar untuk meningkatkan pengetahuan khususnya bidang kesehatan alami. Karena itu saya tertarik belajar REIKI dan dengan REIKI pula saya belajar menyembuhkan diri sendiri dari gangguan penyakit. Namun demikian saya juga berteman dengan kalangan medis yang berprofesi dokter, perawat sekaligus sebagai Praktisi Reiki. Dengan merekalah saya belajar untuk menjadi manusia sehat baik jasmani dan rukhani. Senang melakukan perjalanan dinas karena tuntutan pekerjaan.

Blog Archive

ARUM ON BLOG SPOT COM.